ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM

  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rukayyah Rukayyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisnasari Andi Mattoliang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilhamsyah Ilhamsyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik beserta faktor apa saja yang memberi pengaruh pada hasil belajar mereka pada materi lingkaran sesuai ranah kognitif taksonomi bloom. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif. Penentuan sampel didasarkan pada purposive sampling sehingga ditentukan sampel penelitian ialah seluruh siswa dalam kelas VIII di MTs Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi. Subjek penelitian berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan ialah tes dalam bentuk esai sebanyak 6 nomor yang sudah disesuaikan dengan tahapan: pengetahuan, pemahaman, analisis, penerapan, evaluasi, dan sintesis dari taksonomi bloom. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini ialah hasil belajar siswa yang paling tinggi berada pada tahapan pemahaman, sementara hasil belajar siswa yang paling rendah berada pada tahapan evaluasi dan pengetahuan.


Abstract


The purpose of this research is to know the mathematics learning outcomes of the students along with what factors influence their learning outcomes in the discussion circle according to the cognitive domain of bloom taxonomy. This research is a qualitative descriptive type. The determination of the sample was based on purposive sampling so that the research sample was determined to be all students in class VIII at MTs Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi. The research subjects were 29 people. Data were collected through tests, interviews, and documentation. The instrument used was a test in the form of a 6-number of essay which had been adjusted according to the stages: knowledge, understanding, analysis, application, evaluation, and synthesis of the bloom taxonomy. The results obtained from this study are that the highest student learning outcomes are at the understanding stage, while the lowest student learning outcomes are at the evaluation and knowledge stages.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A. I. P. (2016). Pembelajaran berdasarkan masalah suatu upaya untuk mengembangkan kemampuan pemahaman dan representasi matematik siswa. MaPan, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a1

Amelia, D., Susanto, & Fatahillah, A. (2016). Analisis hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan berdasarkan ranah kognitif taksonomi bloom kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Angriani, A. D., Nursalam, Fuadah, N., & Baharuddin. (2018). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 211–223. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a9.2018

Fatmawati, L. (2010). Analisis kesalahan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal lingkaran menurut taksonomi Bloom di SMPN 1 Bonyolangu.

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis butir soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Journal of Islamic Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249

Kartika, S. M. (2015). Profil kesulitan siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel.

Khasanah, S. (2015). Analisis hasil belajar peserta didik pada implementasi scintific approach dalam pembelajaran kimia materi koloid di kelas XI IPA SMA/MA.

Nuharini, D. (2008). Matematika konsep. Pusat Perbukuan.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1732.81-88

Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2015). Penelitian pendidikan jenis metode dan prosedur (III). Kencana.

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Imstep Project.

Suryawati, & Yulfikar. (2012). Kualitas tes dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Peluang, 1(1).

Usman. (2017). Wawancara.

Utari, R. (2010). Taksonomi Bloom, apa dan bagaimana menggunakannya? Tidak Diterbitkan.

Yamin, M. (2009). Desain pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan (III). Persada Press.

Published
2021-03-24
How to Cite
Yuliany, N., Rukayyah, R., Mattoliang, L. A., Halimah, A., & Ilhamsyah, I. (2021). ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 38-49. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.20376
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 490 times