EFEK MEDIASI PERILAKU KEUANGAN DAN DAMPAK KEPUASAN KEUANGAN MASYARAKAT DI KOTA MAKASSAR
Abstrak
Berdasar hasil survey berbagai lembaga terkait tingkat komsumtif berlebih (boros) diantaranya adalah lembaga Manulife Investor Sentiment Index dan kajian Indef bersama dengan Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech). Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek mediasi dari perilaku keuangan dan dampak kepuasan keuangan masyarakta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan variable yang diuji Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Keuangan, gaya Hidup hedonis terhadap Kepuasan Keuangan, dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Kepuasan Keuangan melalui Perilaku Keuangan. Dengan 17 indikator x 5 = 85 sampel waktu penelitian desember 2019. Berdasarkan hasil dari analisis data menunjukkan bahwa gaya hidup hedonisme memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, Perilaku keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan keuangan, gaya hidup hedonisme memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan keuangan dan perilaku keuangan memediasi pengaruh antara gaya hidup hedonisme dan kepuasan keuangan. Keterbatasan penelitian ini selain lokasi penelitian yang terbatas, variable yang digunakan pun masih sangat sempit sedangkan keorisinilannya yaitu menambahkan efek mediasi dan pandangan syariah terhadap variable penelitian.Referensi
Ajzen , Icek and Martin Fishbein, 1980, Understanding Attitudes And Predicting Social Behavior, Prentice Hall
Archuleta et al., 2013; Plagnol, 2011; Norvilitis et al., 2003 (2018). Role of financial risk attitude and financial behavior as mediators in financial satisfaction. Emerald Insight.
Brooks, Gifford & Coo. “Behavioral Finance: Theories and Evidence” Alisteir Byrne: CFA University of Edinburg, 2008. h.1.
Chotimah, Chusnul dan Rohayati Suci. “Pengaruh Pendidikan Keuangan DiKeluarga, Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual, Dan Teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya”. (2015): h.8.
Darokah, Marcham dan A.M Diponegoro. Peran Akhlak Terhadap Kebahagiaan Remaja Islam. Humanitas : Indonesian Psychological Journal, Vol. 2, No.1, Januari 2005 : 15 – 27, 2005
Dayang Asning Kosyu, Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya), Jurnal Administrasi Bisnis, hl. 1-7.
Delyana Rahmawany Pulungan, Murviana Koto, Lena Syahfitri. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Kecerdasan Emosional tehadap Perilaku Keuangan Mahasiswa, hl. 401-406
Diener, Ed. Subjective Well Being: The Science of Happiness and a Proposal for a National Index, American Psychologist, Vol. 55 No. 1, pp34-43. 2000.
Elliehausen, Gregory. E Lundquist Christopher, S. M. E. (2007). The Impact of Credit Counseling on Subsequent Borrower Behavior. Journal of Consumer Affairs,41(1), 1–28.
Falahati, L. and Paim, L. (2011), “Gender differences in financial well-being among college students”,Australian Journal of Basic and Applied Sciences, Vol. 5 No. 9, pp. 1765-1776.
Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Model (SmartPLS) versi 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grable, J. E., & Joo, S. H. An Exploratory Framework of the Determinants of Financial Satisfaction. multiple pages. 2004.
Hira, Tahira .K. and Mugenda, Olivia. Predictors of financial satisfaction: differences between retirees and non-retirees, Financial Counseling and Planning, Vol. 9 No. 2, pp. 75-83. 1998.
Https://indonesiatimur.co/2014/01/04/makassar-kota-termahal-kedua-di-indonesia-timur/ (Diakses pada hari Kamis 12 Juli 2019 pukul 21:33 WITA).
Indrawan, R. & Yaniawati R.P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Bandung: Penerbit PT Refika Aditama
Joo, S.H. and Grable, J.E. (2004), “An exploratory framework of the determinants of financial satisfaction”, Journal of Family and Economic Issues, Vol. 25 No. 1, pp. 25-50.
Kirgiz, A. 2014. Hedonism, A Consumer Disease Of The Modern Age: Gender And Hedonic Shopping In Turkey, Global Media Journal, 4 (8), 2.
Kunto (1999). Religiusitas dengan gaya hidup hedonisme: Sebuah Gambaran pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala
Levy, M and Weitz, B.A. 2009. Retailing Manajemen. 7Ed. New York: Mc Graw Hill.
Loibl, Cazilia. and Hira, T.K., 2005, Impact of self-directed financial learning on financial and career satisfaction of white-collar employees”, Financial Counseling and Planning, Vol. 16 No. 1, pp. 11-21.
Long, Giang Thanh, Mai Hoang Viet, Nguyen Thi Hong Diep. Gender Differences in Financial Sources and Perceived Financial Satisfaction Among Older People in Vietnam. Journal of Economics and Development, Vol.18, No.2, August 2016, pp. 36-58, 2016. 2016.
Martha. Hartati, S., & Setyawan, M. 2008. Correlation among Self-Esteem with A Tendency Hedonist Lifestyle of Students At Diponegoro University. Journal of Psychology. Vol. 5, No. 3, hal. 98-107.
Mullis, R. J. Measures of economic well-being as predictors of psychological well-being. Social Indicators Research, 26(2), 119-135. 1992.
Monks, F. J., Knoers, H.M.O., & Haditomo, S.R. (1998). Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : Gadjah Mada University Perss
Nahid Naderi Anari (2011). Customer response to employee emotional labour: The structural relationship between emotional labor, job satisfaction, and customer satisfaction. Emerald Insight.
Nurvitria A.L. “Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Jurusan Ppb 2013 Fip Uny” e-journal Bimbingan dan Konseling, Edisi 11 (2015) : h.3.
Nofsinger, J. R. (2005). Psychology of Investing (Second). New Jersey: Precentice-Hall Inc.
Paramita, Niza. “Pengaruh Motivasi Belanja Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Surabaya”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 4, no. 1 (Januari 2015): hal. 1-2.
Parmitasari, Rika Dwi Ayu, et al. "Analysis of Ethics and Investor Behavior and Its Impact on Financial Satisfaction of Capital Market Investors." Scienctific Research Journal (SCIRJ) 4 (2018).
Parmitasari, Rika Dwi Ayu. Gender dan Kepuasan Keuangan Investor Pasar Modal di Sulawesi Selatan. PAMJou, Vol. 1 Issue 2, October 2017
Parmitasari, Rika Dwi Ayu, et al. “Peran Kecerdasan Emosional dan Gaya Hidup Hedonisme dalam Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa di Kota Makassar”. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) Vol.5 No.2 (Juli-Desember 2018) : hal.147-162.
Rahardjo, W., Silalahi, Y.B. (2007). Perilaku Hedonisme Pada Pria Metroseksual Serta Pendekatan Dan Strategi Yang Digunakan Untuk Mempengaruhinya.Pesat Volume 2. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Ricciardi, V dan Simon. 2000. What is Behaviour in Finance?. Business, Education,and Technology Journal. Fall. Hal:1-9
Sahi, S.K. and Kalra, S.K. (2013), “Measuring financial risk taking using a dual preference approach for determination of financial satisfaction”, IIMA Institutional Repository, Ahmedabab, December 12, available at: http://vslir.iima.ac.in:8080/jspui/bitstream/11718/11486/1/BF-PP-314-Measuring_Financial_Risk_Taking_using_a_dual_preference_approach-294 Sahi_b.pdf (Diakses pada hari Selasa 18 Desember 2018 pukul 10:12 WITA).
Shalahuddinta, Alfin dan Susanti. “Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Pengalaman Bekerja, dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Keuangan. (2013)
Shihab, Muhammad Quraish, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an, Vol.7, Jakarta, Lentera Hati, 2002, hlm.459.
Shefrin, Hersh. 2000. Beyond Greed and Fear: Understanding Behavioral Finance and Psychology of Investing; Harvard Business School Press.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Toscano, Esperanza Vera, Victoria Ateca Amestoy dan Rafael Serrano Del Rosal,. Building Financial Satisfaction, IESA Working Paper, WP12-04, Cordoba , Spanyol, pp 1-30. 2006.
Veenhoven, R. 2007. The Art of Buying Coming to Term with Money and Materialism. Journal of Happiness Studies.Vol. 4, No. 4, hal. 198-216.
Wijanto, Setyo H. 2008. Structural Equation Modeling. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Xiao, Jing Jian, Cheng Chen dan Fuzhong Chen, Consumer Financial Capability and Financial Satisfaction, Social Indicator Research, August, Volume 118, Issue 1, Springer, pp 415-432.
Xiao et al., 2014, Xiao et al., 2009, Toscano et al., 2004 dan Joo dan Grable, 2004, Analysis of Ethichs and Investor Behavior and Its Impact Financial Satisfaction of Capital Market Investors.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##