PENGARUH KUALITAS JARINGAN, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEGMEN MILENIAL DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Awaluddin Awaluddin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainun Sakinah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas jaringan, persepsi harga, promosi terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas jaringan, persepsi harga dan promosi sebagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen, dan minat beli sebagai variabel mediasi (intervening). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang disebar kepada seluruh penggunakan kartu perdana internet di Kota Makassar. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 108 responden. Dengan pengolaan data primer menggunakan analisis jalur (path analysis) menggunakan bantuan software Statistical Packege For Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas jaringan, persepsi harga, dan promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen pengguna kartu perdana internet di Kota Makassar. Secara parsial kualitas jaringan, persepsi harga, promosi, dan minat beli berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Dan secara tidak langsung kualitas jaringan, persepsi harga, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Referensi

Cindy, A. B. (2017). Analisis Pengaruh Harga Paket, Kualitas Jaringan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet (Survey Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 5–7.

Daud, D., Kualitas, P., Dan, P., Layanan, K., Terhadap, P., Konsumen, K., Jasa, M., Pada, P., Bess, P. T., Manado, F., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2013). Promosi, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian. Jurnal EMBA, 1(4), 51–59.

Dharmmesta, B. S., & Irawan. (2011). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. BPFE Yogyakarta.

Kementerian PPPA, & BPS. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

Kominfo. (2019). Jumlah Pengguna Berdasarkan Operator 2019. (Diakses Pada 20 Maret 2021).

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Indeks Kelompok Gramedia. Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Pradana, R. S. (2021). Program Pengembangan 5G Di Indonesia, Kominfo: Masih Tahap Awal. (Diakses Pada 20 Maret 2021).

Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Kencana.

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitabel.

Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Wahid, M. A. (2016). Analisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek dan nilai pelanggan. 1–19.

Wibisono, L. E. (2011). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepusan Pelanggan 4G XL Di Yogyakarta. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 51.

Diterbitkan
2021-12-06
Bagian
Volume 11 Nomor 2, Desember 2021
Abstrak viewed = 1039 times