Kesesuaian Syariah pada Bisnis Multi Level Marketing PT. Jafra Cosmetics (Berdasarkan Fatwa DSN MUI No.75/DSN/MUI/VII/2009)

  • Muthia Zhafirah Ali UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • Muslimin Kara UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurfiah Anwar UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sistem bisnis MLM pada PT. Jafra Cosmetics sekaligus penerapan kesesuaian syariah bisnis MLM PT. Jafra Cosmetics berdasarkan fatwa DSN MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu observasi dan wawancara. Kemucian data tersebut diuji menggunakan keabsahan data penelitian yaitu triangulasi data dan triangulasi teori. Penulis berhasil mewawancari 11 narasumber. Informan dalam penelitian ini adalah para leader yang menjalankan bisnis PT. Jafra Cosmetics. Hasil penelian menunjukkan bahwa bisnis MLM pada PT. Jafra Cosmetics berdasarkan fatwa DSN MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 belum sesuai dengan fatwa DSN MUI. Padahal seharusnya implementasi fatwa DSN MUI sudah sejalan dengan praktiknya karena PT. Jafra Cosmetics telah memiliki sertifikat halal.

References

Ali, Muthia Zhafirah dkk. Strategi Periklanan PT. Jafra Cosmetics dalam Mendorong Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa. Hanif Journal. Vol. 1, No. 1. 2021.
Hamzah, Muhammad Maulana. Peran dan Pengaruh Fatwa MUI dalam Arus Transformasi Sosial Budaya di Indonesia. Millah: Jurnal Studi Agama. Vol. 17, No. 1. 2017.
Kau, Sofyan A. P. Posisi Fatwa dalam Diskursus Pemikiran Hukum Islam. Jurnal Al- Ulum. Vol. 10, No. 1. 2010.
Maghfur, Ifdholul dkk. Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Pasar Nongkojajar Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Jurnal Mu’allim. Vol. 1, No. 2. 2019.
Mardalis, Ahmad dkk. Multi Level Marketing (MLM) Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah. Vol. 1, No. 1. 2016.
Mulyati, Mumung. Kontribusi MUI dalam Pengembangan dan Penerapan Hukum Islam di Indonesia. Al-Mashlahah: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam. Vol. 7, No. 1, 2019.
Norvadewi. Bisnis dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 1, No. 1. 2015.
Sula, Muhammad Syaki. 2004. Asuransi Syariah (Life and General): Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Insani Press.
Tamamudin. Merefleksikan Teori Pemasaran Ke Dalam Praktik Pemasaran Syariah. Jurnal Hukum Islam (JHI). Vol. 12, No. 2. 2014.
Published
2023-04-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 127 times