Optimalisasi Usaha Mikro Di Kecamatan Biringkanaya

  • Muh Dwi Julianggara
    (ID)
  • Idris Parakkasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sirajuddin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Optimalisasi, Usaha Mikro, Prinsip Ekonomi Islam

Abstract

ABSTRAK- Usaha Mikro merupakan unit usaha produktif yang dijalankan perorangan atau bersama perusahaan. Banyak dari pelaku usaha kontainer food and drink belum memahami cara mengelola usahanya agar dapat berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana cara mengoptimalkan usaha mikro keluarga di Kecamatan Biringkanya Kota Makassar dan apakah dengan penerapan prinsip ekonomi islam pada suatu usaha kontainer akan memajukan usaha tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumber utama. Adapun data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan banyak pelaku usaha kontainer memulai usahanya 4 tahun adapun masalah yang dihadapi pelaku usaha kontainer dalam memulai, dari beberapa pelaku usaha kontainer food stall sudah melakukan teknik pemasaran secara online dan hal ini memperjelas perbedaan penghasilan ketika berjualan online dan ofline dalam pemberian servise ke konsumen ada beberapa pelaku usaha telah menyediakan musik untuk menemani ketika menunggu pesanan dalam berjualan juga beberapa pelaku usaha kontainer food stall menerapkan prinsip ekonomi islam.

References

REFERENSI
Agustina Damayanti, Anindya, and Diah Priharsari. 2021. “Analisis Kualitatif Penggunaan Media Sosial Terhadap Bisnis Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM).” 5(8): 3316–23. http://j-ptiik.ub.ac.id.
Aprillia, Intan, and Zhabilla Manuputty. 2020. “Strategi Untuk Pelaku Bisnis Dalam Mempertahankan Sistem.”
Ardiana, Siska. 2023. “Peran Pembiayaan Mudharabah Dalam Perkembangan Usaha Mikro Nasabah (Studi Pada BMT Nu Jombang Cabang Diwek).” STIE PGRI Dewantara Jombang.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revi. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ayu, Meri. 2018. “Srategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Prespektif Ekonomi Islam Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Darussalam).” : 2. hhtp://library.ar-raniry.ac.id.
Cahyadi, Iwan Fahri. 2018. “Sistem Pemasaran Dropship Dalam Perspektif Islam.” TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law 1(1): 24.
Dalimunte, Sri Fatimah. 2022. “Analisis Perilaku Konsumsi Penggemar K-Pop Berdasarkan Teori Konsumsi Al-Ghazali (Studi Pada Komunitas Kpopers Bengkulu).”
Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung: 1–6.
Elzamaulida Merdekawati 2018. “Potensi dan Kontibusi UMKM Terhadap Kesejahtraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Photosynthetica 2(1): 1–13..
Fitriany. 2019. “Strategi Pengembangan Bisnis Ukm Guna Meningkatkan Pendapatan Karyawan Pada Usaha Toko Roti Futry Maros Di Maros Sulawesi Selatan.” Jurnal Bisnis & Kewirausahaan 8(2): 216–23. http://e-jurnal.nobel.ac.id.
Gofur, Abdul. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4(1): 37–44.
Happy, Firman, Achmad Tubagus Surur, and Hendri Hermawan Adinugraha. 2021. “Prospek Bisnis Dan Pemberdayaan Umkm Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Studi Kasus Pada Usaha Permen Jahe Fadhilah.” Tamwil 7(2): 1.
Helaluddin. 2018. “Mengenal Lebih Dekat Dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif.” Uin Maulana Malik Ibrahim Malang (March): 1–15.
Irawan, Andri. 2019. “Analisis Penerapan Strategi Operasi Dalam Kegiatan Produksi Pada UMKM Johny Walker Leatherworks Di Kota Cimahi Jawa Barat.” Jurnal Bisnis Darmajaya 4(1): 1–11.
Iskandar, Yusuf, Nimmi Zulbainarni, and Siti Jahroh. 2020. “Pengaruh Karakteristik Usaha Dan Wirausaha Terhadap Kinerja UMKM Industri Pengolahan Perikanan Di Kabupaten Sukabumi.” Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN) 4(1): 1–12.
Kaligis, T I, S L Mandey, and F Roring. 2021. “Evaluasi Strategi Bauran Pemasaran Pada Rumah Makan Box Weal Manado.” Jurnal EMBA 9(3): 1775–85.
Khairunnisa, Hana, Deni Lubis, and Qoriatul Hasanah. 2020. “Kenaikan Omzet UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal.” Al-Muzara’Ah 8(2): 109–27.
Lie, Devi Sugiarto, Yusita Kusumarini, and Meirina Kuncahyowati. 2019. “Perancangan Alih Fungsi Kontainer Menjadi Modul Ruang Komersial ‘Fasilitas Makan Dan Minum.’” Jurnal Intra 7(2): 328–34.
Ling, Ay. 2013. “Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deskriptif Pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya).” Agora 1(1): 1–8.
Mannan, Abdul, and Inayah Swasti Ratih. 2021. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Mikro Mebel/UMKM.” IZZI : Jurnal Ekonomi Islam 1(2): 133–47.
Moh.Nazir. 2011. “Metode Penelitian.”
Murdiyanto, Eko. 2020. Bandung: Rosda Karya Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif).
Nugroho, Adi. 2019. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Service Quality Dan Model Kano (Studi Kasus: PT.Graha Service Indonesia).” Jurnal Senopati 3(100): 41–49.
Pradiani, Theresia. 2018. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.” Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia 11(2): 46–53.
Rohani, Siti. 2018. “Analisis Potensi UMKM Tahu dan Tempe Terhadap Peningkatan Pendapatan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam.” Bitkom Research 63(2): 1–3.
Santosa, Dewa Gede Wahyu, and Ida Ayu Mashyuni. 2021. “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab Di Kota Denpasar.” Widya Amrita 1(1): 290–302.
Sugiyiono, Prof. Dr. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Trimulato, Trimulato, Ismawati Ismawati, Amiruddin K, and Nuraeni Nuraeni. 2020. “Penguatan Peran Ekonomi Islam Melalui Optimalisasi Pembiayaan Pada Sektor Riil UMKM.” JES (Jurnal Ekonomi Syariah) 5(2): 87–98.
Wahidin, Ade. 2018. “Prinsip Saling Rela Dalam Transaksi Ekonomi Islam (Tafsir Analitis Surat An-Nisa’[4] Ayat 29).” Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2(02): 110–34.
Yuli Rahmini Suci. 2008. “PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA.” UU No. 20 Tahun 2008 (1): 1–31.
Published
2023-12-27
Section
Artikel
Abstract viewed = 72 times