Pengaruh Islamic Branding, Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Produk Zoya di Kota Makassar

  • Andi Reski Aprianti UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ayu Ruqayyah Yunus UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Syathir Sofyan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Islamic Branding, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Islamic branding, brand ambassador, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen produk Zoya di kota Makassar. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non-probability sampling dengan pendekatan sampel jenuh, di mana kuesioner yang berisi pertanyaan atau pernyataan tertulis disebarkan kepada 133 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Pengumpulan data meliputi data primer dan sekunder dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan skripsi, serta wawancara lisan dengan subjek yang dapat dipercaya. Untuk analisis data, peneliti menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Zoya, sementara brand ambassador tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan ketiga variabel tersebut secara bersamaan memengaruhi keputusan pembelian produk Zoya di Kota Makassar.

References

Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. 8(1), 17–28.
Aisyah, N., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Islamic Branding Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.259
Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/840
Handayani, N., Jauhariyah, N. A., & Aniati, A. (2021). Menakar Kontribusi Islamic Branding, Personal Salling, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Hijab Pashmina. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 2(2), 46–59.
Hendariningrum, R., & Susilo, E. M. (2008). Fashion dan Gaya Hidup: Identitas dan Komunikasi. Ilmu Komunikasi, 6(2), 25–32. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/38/42
http://www.pengertianpakar.com/2015/05/pengertian-kualitas-menurut-pakar.htm
Http://zoya.co.id/profil/2013.
Nurnaningtias, M., Aswad, M., & Tulungagung, D. I. K. (2022). PENGARUH Labelisasi Halal Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Pada Generasi Z Di. 5(1), 29–43.
Pamungkas, N. L., Ibdalsyah, I., & Triwoelandari, R. (2021). Pengaruh Islamic Branding, Celebrity Endorser, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Wardah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 100–114. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i2.539
Pradana, D. (2022). Pengaruh kualitas produk dan kebutuhan terhadap keputusan pembelian ditoko planet ponsel desa sukaramai, tapung hulu, kampar menurut ekonomi syariah. Skripsi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau-Pekanbaru, 1–99.
Putra, M. I., Suharyono, & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh brand ambassador terhadap brand Image serta dampaknya terhadapk keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(7), 1–10.
Rohmatul Ummat1, Kristina Anindita Hayuningtias2 1, 2Universitas. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. 4(6), 2279–2291.
Rismiati,I. (2022) Pengaruh Islamic Branding Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168
Savitrie, D. (2013). Pola Perilaku Pembelian Produk Fashion Pada Konsumen Wanita : Sebuah Studi Kualitatif pada Mahasiswi FEUI dan Pengunjung Butil N.y.l.a. Universitas Indonesia, 1, 15–82.
Setyaningsih, T. (2021). Pengaruh Islamic Branding, Brand Image, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya Oleh Masyarakat Ponorogo. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Suryaningsih, D. (2018). Pengaruh Zaskia Adya Mecca Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Beli Konsumen Butik Meccanism Yogyakarta The. Bitkom Research, 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom
Widyanita, A. R., Surabaya, U. N., Rizq, S., Shabrina, N., Surabaya, U. N., Xaverius, F., Sadewo, S., & Surabaya, U. N. (n.d.). Ave at : Analisis Trend Fashion Hijab
Published
2024-04-27
Section
Artikel
Abstract viewed = 173 times