Strategi Pemasaran Pada Pedagang Teripang Di Pulau Barrang Lompo Kota Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi Pemasaran Pada Pedagang Teripang Di Pulau Barrang Lompo Kota Makassar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang di peroleh langsung dari sumber utama. Adapun data yang di peroleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pendistribusian yang dilakukan oleh para pedagang teripang berfokus pada kualitas barang, jika proses pengeleloaan teripang di lakukan degan baik maka pedagang teripang juga akan mendapatkan keuntungan yang tinggi. Penerepan akad kerjasama yang di lakukan antara pedagang teripang dengan nelayang sudah sesuai dengan penerapan etika bisnis dalam ekonomi islam yaitu tidak melakukan penipuan, kecurangan, sumpah palsu, riba, menyuap dan perbuatan batil lainnya, pedagang teripang telah menerapkan nilai-nilai etika islam yaitu keseimbangan serta tanggung jawab di dalam dunia bisnis, Pedangan dan nelayan di Pulau Barrang Lompo juga telah menerepakan sikap kejujuran, tablig dan amanah dalam akad kerjasamanya.
References
Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M. and Nujiyatillah, S. (2022) ‘Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), pp. 301–313. Available at: https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876.
Adella, S., Anggraini, D. and Sholihin, A. (2022) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Penerapan Nilai Islam Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada BMT Al-Hijrah Bukittinggi)’, Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), pp. 163–173. Available at: https://katadata.co.id/berita/2020/01/06/baru-83-peserta-bpjs-kesehatan-per-akhir-2019-.
Alpis Sabilillah (2023) ‘Analisis kepuasan pembeli dalam takaran timbangan menurut ekonomi syariah’, journal of Sharia and Law, 2(2).
Amaliah, Rizka, Nurfiah Anwar, and Muhammad Nasri Khatman. "Strategi Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menunaikan Zakat Mal Di Baznas Kabupaten Barru." Investama: Jurnal Ekonomi dan Bisnis 9.1 (2023): 1-12. Available at: https://doi.org/10.56997/investamajurnalekonomidanbisnis.v9i01.801
Arsyad, A. (2020) ‘Analisis Kesesuaian Syari ’ Ah Pada Kerjasama Bisnis Di Pt . Lazizaa Rahmat Semesta’, JIMFEB Universitas Brawijaya Jurnal, 1(3), pp. 32–444.
Asy’ari Ulama’i, A.H., Rahmawati, F. and Ud Din, M. (2022) ‘Riba in The Perspective of Sharia Bank Customers: A Systematic Literature Review’, Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 2(1), pp. 73–90. Available at: https://doi.org/10.28918/velocity.v2i1.5422.
Budianto, E.W.H. (2022) ‘Pemetaan Penelitian Akad Mudharabah Pada Lembaga Keuangan Syariah: Studi Bibliometrik Vosviewer Dan Literature Review’, J-EBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 7(April), pp. 43–68. Available at: https://doi.org/10.32505/j-ebis.v7i1.3895.
Bukhori, M. (2021) ‘Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Toko Mebel Farid Rohman Ponorogo’, pp. 1–97.
Cavas-Martínez, F. et al. (2021) ‘Lecture Notes in Mechanical Engineering Series Editors’. Available at: http://www.springer.com/series/11693.
Chaniago, siti aminah (2017) ‘Perumusan Manajemen Strategi Pemberdayaa’, Jurnal Manajemen Strategi, 12(1), pp. 87–101.
Dika, I.W. et al. (2022) ‘Pengolahan Produk Teripang di Pulau Nusa Penida’, 1(1), pp. 16–22. Available at: https://doi.org/10.5281/zenodo.7455707.
Copyright (c) 2024 W
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.