Peran Amil Zakat dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat (Studi Kasus Desa Barugariattang Kecamatan Bulukumba Kabupaten Bulukumba)

  • Adam Djordan Adam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Peran, Amil Zakat, Kepedulian Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tata kelola dan implementasi peranan Amil Zakat dalam meningkatkan kepedulian sosial masyarakat Desa Barugariattang dengan harapan memberikan sumbangsih manfaat bagi masyarakat dan perkembangan ilmu ekonomi islam. Penelitian metode penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Jenis data penelitian primer dan sekunder dengan sumber penelitian ialah Pemerintah, Petugas UPZ dan masyarakat Desa Barugariattang melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran referensi. pengolahan data digunakan metode interaktif, adapun langkah-langkah yang digunakan dalam analisis data adalah; reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola zakat yang dilakukan Amil Zakat di Desa Barugariattang masih bersifat tradisional sesuai dengan adat kebiasaan. Petugas atau Amil Zakat yang ditunjuk adalah Imam Desa dan Imam dimasing-masing dusun untuk melaksanakan tugas sebagai Amil Zakat dan adapun bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Amil Zakat ialah pemberian santunan, bantuan pendidikan dan alokasi untuk kepentingan bersama. Selain itu, pengoptimalan dalam peningkatan kepedulian sosial memiliki beberapa hambatan seperti minimnya pemahaman masyarakat dan kurang berfungsinya lembaga zakat yang ada dikarenakan pemahaman dan fasilitas yang belum memadai Sehingga diperlukan upaya dalam menjawab problematika tersebut melalui sosialisasi dan penyuluhan sebagai upaya pemahaman masyarakat terhadap zakat, melakukan revitalisasi dalam kelembagaan zakat sebagai pengumpul dan penyalur dana zakat, pemerintah memberikan regulasi yang mampu mendukung dalam memaksimalkan pengelolaan zakat serta mengajarkan kepada anak tentang pentingnya zakat dalam kehidupan sosial. Dengan memaksimalkan upaya tersebut maka kesadaran berzakat masyarakat akan tumbuh sehingga amil zakat mampu menjadi instrument dalam mendorong dan meningkatkan kepedulian sosial masyarakat Desa Barugariattang

 

Author Biography

Adam Djordan Adam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Lulusan Sarjana Ekonomi pada tahun 2023.

Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

UIN Alauddin Makassar

References

Afgani, M. N. (2020). Peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru Dalam Mensejahterakan Masyarakat Fakir Dan Miskin Di Kota Pekanbaru. UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Aisya, S., Irwanuddin, & Harianti. (2019). PENGELOLAAN DANA ZAKAT DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO BINAAN BAZNAS KABUPATEN ENREKANG. LAA MAISYIR, Vol 6, 38–52.

Amalia, N. M., Amarta, C. C., & Erlangga, R. T. (2021). Optimalisasi Dana Zakat dalam Pemberdayaan Masyarakat. JIHBIZJurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah, 5, 104–119.

Anis, M. (2020). Zakat Solusi Pemberdayaan Masyarakat. El-Iqtishady, Vol 2, 42–53.

Asmani, J. M. (2016). Zakat: Solusi Mengatasi Kemiskinan Umat. Aswaja Pressindo.

Departemen Agama RI. (2002). Al-Quran dan Terjemahannya. PT : Syamil Cipta Media.

Hafriza, R. H., Firdaus, & Chuzairi, A. (2018). Manajemen Zakat Sebagai Penyeimbang Perekonomian Umat. PERADA : Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, 1, 45.

Kalimah, S. (2018). Urgensi Peran Amil Zakat di Indonesia dalam Mewujudkan Kesejahteraan Mustahiq. Jurnal El-Faqih, 4, 24–49.

Muharir, M. (2020). Zakat sebagai Instrumen Finansial dalam Usaha Pemulihan Kondisi Ekonomi dan Sosial Budaya Menurut Perspektif Islam. Ekonomica Sharia, 5, 91.

Nufus, H., Khozin, N., & Diman, L. (2018). Nilai Pendidikan Multicultural (Kajian Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 9-13). Al-Iltizam, 3, 151.

Nugraha, W., & Zen, M. (2020). Peran Amil Zakat dalam Meningkatkan Kesadaran Zakat Profesi Pada LAZNAS Al-Azhar Jakarta Selatan. Al Maal : Journal of Islamic Economics and Banking, Vol 2, 177.



Rasjid, H. S. (2018). Fiqh Islam (Hukum Fiqh Lengkap). Sinar Baru Algensindo.

Rifai, A. Z. (2020). Peran Kyai Dalam Menumbuhkan Sikap Kepedulian Sosial Jamaah Manakib Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Rohim, A. N. (2020). Revitalisasi Peran dan Kedudukan Amil Zakat dalam Perekonomian. Journal Od Islamic Economics and Finance Studies, 12.


Sari, P. M. R., & Priyanto, A. S. (2019). Silaturahim Sebagai Bentuk Utama Dalam Kepedulian Sosial Pada Tradisi Weh-Wehan Di Kaliwungu. Indonesian Journal of Conservation, 8, 44.

Suhartawan, B. (2021). Kepedulian Sosial di Tengah Wadah Covid-19 Dalam Perspektif Hadist. Dirayah : Jurnal Studi Ilmu Hadits, 2, 2.

Yani, S. F. (2020). Peran Zakat Dalam Menwujudkan Sustainable Development Goals(SDGs)Untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat. UIN Raden Intan Lampung.
Published
2024-08-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 6 times