Pengaruh Brand Image dan Experiential Marketing Melalui Inovasi Terhadap Keputusan Generasi Z Menggunakan Produk PT. Pegadaian Syariah
Abstract
PT. Pegadaian merupakan perusahaan milik negara, menyediakan produk tabungan emas syariah yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan investasi berbasis syariah yang stabil dan berisiko rendah terhadap inflasi. Melalui aplikasi Pegadaian Digital Syariah, layanan ini semakin mudah diakses oleh masyarakat. Pegadaian Syariah beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah dengan menggunakan akad utang piutang yang melibatkan barang bernilai sebagai jaminan, tanpa mencari keuntungan berlebih. Penelitian ini menganalisis pengaruh Brand Image dan Experiential Marketing terhadap Keputusan Generasi Z untuk menabung emas di PT. Pegadaian Syariah, dengan Inovasi Produk sebagai variabel intervening. Pendekatan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Penelitian ini berlokasi di Makkassar. Populasi penelitian Ini merupakan Generasi Z di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image dan Experiential Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan Generasi Z, dengan Inovasi Produk memperkuat hubungan tersebut. Penelitian ini didorong oleh meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan keuangan syariah dan perkembangan teknologi yang mempengaruhi perilaku investasi generasi muda. Studi ini memberikan kontribusi pada pemahaman perilaku investasi syariah dan inovasi produk keuangan dengan fokus pada generasi muda pengguna teknologi digital.
References
Arisanti, K. D., Santoso, A., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Nganjuk. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 101. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.427
Benuf, K., Mahmudah, S., & Priyono, E. A. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Data Konsumen Financial Technology Di Indonesia. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.24246/jrh.2019.v3.i2.p145-160
Dafiq, B. I., Hidayati, A. N., & Habib, M. A. F. (2022). Pengaruh literasi keuangan, literasi digital, digital marketing, brand image dan word of mouth terhadap minat generasi z pada bank syariah. Fair Value: Jurnal
Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 4971–4982. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1856
ELFIRA, S. W. (2023). Pengaruh Lifestyle, Lingkungan Sosial Dan Pengetahuan Terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Kec. Belopa. 149.
Fatimah, S. B., & Hendratmi, A. (2020). Digitalisasi Pada Bank Mandiri Syariah Di Tengah Persaingan Dan Perubahan Teknologi. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(4), 795.
https://doi.org/10.20473/vol7iss20204pp795-813
Harahap, A. R. S. (2023). Aplikasi scoping review “klasifikasi algoritma deteksi serangan phishing” berbasis web menggunakan metode web development life cycle. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/67838%0Ahttps:
//repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/67838/1/AHMAD RUSYDI SAID HARAHAP-FST.pdf
Hariyanto, R. J. (2020). Analisis Investasi Pada Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Jember. Skripsi.
Hidayat, M. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan Sebelum Dan Disaat Pandemi Covid 19. Measurement Jurnal Akuntansi, 15(1), 9–17. https://doi.org/10.33373/mja.v15i1.3332
Ikhsan, F. M. (2022). Generasi Z Dalam Proses Knowledge Sharing (Studi Kasus Karyawan Generasi Z di PT Global Sukses Solusi Tbk). 1–106.
Lotaknio, R. A. N., & Mahargiono, P. B. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Identification Dan Experiential Marketing Terhadap Customer Loyalty Di Kedai Kopi Jokopi Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(2), 1–16.
Marginingsih, R. (2020). Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI (Studi Pada Pengguna BRI Mobile di Kota Depok). Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 24–31. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7475
Mauludiyah, N. (2023). Analisis Pengaruh Experiential Marketing , Perceived Quality Dan Advertising Terhadap Keputusan Pembeli Pada Aplikasi Berbasis 1444 H / 2023 M. Undergraduate Thesis, 1–139. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/71383
MELELO, S. S. (2023a). (Studi Kasus Generasi Z. 5, 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
MELELO, S. S. (2023b). ANALISIS MINAT MENABUNG NASABAH TERHADAP PRODUK TABUNGAN EMAS UNIT PEGADAIAN SYARIAH KUTACANE. 5, 1–14.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742
Rambe, E. R. S. (2018). Fakultas ekonomi dan bisnis islam institut agama islam negeri ponorogo. Skripsi IAIN Padang Sidimpuan, 5(8), 1–108.
Rezeki. (2018). Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada BMT Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Masyarakat Madani Sumatera. In Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeeri Sumatera Utara Medan. http://repository.uinsu.ac.id/5117/1/Skripsi Heprina Hera.pdf
Rosanti, F., & Harahap, A. (2022). Pengaruh Outdoor LearningMath dengan Pendekatan Math City Mapterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Kelas XII SMK YAPIM Pinang Awan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1387–1402. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1363
Runtulalo, E., Ogi, I. W. J., & Raintung, M. C. (2023). Pengaruh Experiential Marketing Dan Advertising Terhadap Brand Image (Studi Kasus Pada Cafe Wawi Kadio Tonsewer Kabupaten Minahasa). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 609–620. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49314
Rusdianti. (2024). PENINGKATAN CUSTOMER INTIMACY BERBASIS TRUST UNTUK MEWUJUDKAN CUSTOMER.
Scottish Water. (2020). PENGARUH BIAYA MU’NAH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGADAI BARANG DI PT PEGADAIAN SYARIAH UNIT PENURUNAN KOTA BENGKULU. 21(1), 1–9.
Septiyana, B. (2022). PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus
Pada Karyawan Kantor Pusat Lembaga XYZ). Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Sukaris, S. ., & F. Zaricha, S. . (2018). The influence of marketing knowledge, marketing orientation, and marketing capabilities towards marketing performance in UMKM. National Seminar, Conference, and Workshop in Pengabdian Masyarakat: Innovation, Technology, and Social Science in Disruptive Era, 53(1), 310. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
Syafia, N., Kurniawan, B., & Istiqomah, K. (2023). Analisis Penerapan AKAD Rahn Tasjily Pada Pegadaian Syariah Bukittinggi (Studi: Pegadaian UPS Manggis Ganting, Bukittinggi). Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(6), 309–331. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i6.368
Syariat, D., & Aceh, I. (n.d.). PENINGKATAN PEREKONOMIAN ACEH
YANG BEBAS RIBA : Dinas Syariat Islam Aceh.
Copyright (c) 2024 Siti Fatimah, St. Hafsah Umar , Andhini Putri Novianti Nasrullah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.