HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SDN EMMY SAELAN MAKASSAR

  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SDN Emmy Saelan Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental  dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Equivalent Control Grup desaign. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Hasil dari analisis deskriptif untuk motivasi belajar siswa dalam kategori Tinggi sebesar 53,75% dari 80 Siswa. Sedangkan hasil belajar matematika siswa SDN Emmy Saelan Makassar untuk interval nilai 7-7,4 dengan rata-rata sebesar  62,5%.  Hasil analisis statistik nonprametrik dimana  nilai koefisien korelasi evaluasi dengan motivasi versi Kendall adalah s Sebesar 0,522, sedangkan nilai koefisien korelasi menurut Spearman adalah sebesar 0,575. Dari perhitungan  nilai t hitung, dimana H0 adalah tidak ada pengaruh antara kedua variabel dan H1 adalah ada pengaruh antara kedua variable, t hitung > t tabel maka H0 ditolak.  Nilai t hitung (5,405 untuk Kendall dan 6,208 untuk Sperman > t tabel 2,326 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi Terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SDN Emmy Saelan Makassar. 

Abstract

The purpose of this study is to find out about  the motivation in learning mathematics influencing students' learning outcomes at Emmy Saelan Elementary School of Makassar. This research is an experimental study with the type of Quasi Experimental research with the research design used in this study is the desaign Non Equivalent Control Group. The sampling technique used is random sampling. The research instruments used in data collection were questionnaires and documentation. The data analysis technique used was descriptive analysis and nonparametric statistical analysis. The results of the descriptive analysis for student motivation in the High category amounted to 53.75% of 80 Students. While the mathematics learning outcomes of students at the Emmy Saelan Elementary School in Makassar for intervals of grades 7-7.4 with an average of 62.5%. The results of nonprametric statistical analysis in which the evaluation correlation coefficient with the motivation of the Kendall version is s of 0.522, whereas the Spearman correlation coefficient value is 0.575. From the calculation of the value of t count, where H0 is no influence between the two variables and H1 is there is an influence between the two variables, t count> t table then H0 is rejected. The value of t count (5.405 for Kendall and 6.208 for Sperman> t table 2.326 then H0 is rejected and H1 is accepted. To sum up, there is a relationship between learning motivation towards the students' learning outcomes at  Emmy Saelan Elementary School of Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. & Safruddin, C. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Cetakan I, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Aritonang, K., T. (2008). Minat dan Motivasi dalam meningkatkan Hasil Belajar, Jakarta

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Eliya, F (2013). Hubungan antara Kesiapan belajar dengan Hasil Belajar matematika Warga Belajar Kelas XI Klp Belajar Paket C SKB Bondowoso Semester genap, Universitas Jember.

Hading, A.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Badan Penerbit UNM. Makassar

I Gede J (2010). Hubungan Disiplin Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII Tahun 2009/2010 SMP Negeri 5 Abang Karang Asam Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha.

Intang, S., B. (2007). Hubungan Kemampuan Penalaran dalam Matematika dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Jufri, A. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IV SDN 1451 Tebing Tinggi Jambi. FKIP Universitas Jambi.

Sudjana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. PT. Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Toyo, P. (2015). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika pada Kelas IV SD Segugus V Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo Tahun 2015/2016 Bajawa. STKIP Citra Bakti.

Willibaldus, B. (2015). Hubungan antara Motivasi dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Program Studi matematika, STKIP Citra Bakti NTT.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan IV, Rineka Cipta, Jakarta.

Published
2018-12-30
How to Cite
Yuliany, N. (2018). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SDN EMMY SAELAN MAKASSAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 126-137. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a1.2018
Section
Vol.5 No.2
Abstract viewed = 3513 times