HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PERSPEKTIF GURU
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan dengan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam perspektif guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Sampel yang digunakan sebanyak 21 guru yang berasal dari dua sekolah di Kecamatan Tajurhalang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan koesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hubungan pendidikan dengan karakter disiplin terjadi secara positif dan terdapat hubungan pendidikan dengan karakter tanggung jawab. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam perspektif guru.
Abstract
This study aimed to find out the relation of education to the discipline and responsibility characters from the teachers’ perspective. This research used quantitative method with correlational approach. The sample used was 21 teachers from two schools in Tajurhalang District. Data collection techniques used in this study were interview, observation, documentation, and questionnaire. Based on the findings, it was found that the relation of education to discipline character occured positively, and there was relation of education to responsibility character. Therefore, the results of this study indicated significant relation of education to discipline and responsibility characters based on the teachers’ perspective.
Downloads
References
Dahlan R., M. (2016). Konsep Pembelajaran Akidah Akhlak. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).
Diana, F. S., Setyorini, & Irawan, S. (2019). Pengaruh Nilai Pendidikan Karakter terhadap Disiplin Siswa Kelas XI SMK Islam Sudirman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Psikologi Konseling, 14(1), 373–386. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/Konseling/article/view/13734
Ebta, S. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Fathurrahman, P. (2013). Pengembangkan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rafika Aditama.
Gitome, J. W., Katola, M. T., & Nyabwari, B. G. (2013). Correlation Between Students’ Discipline and Performance in the Kenya Certificate of Secondary Education. International Journal of Education and Research, 1(8), 1–10. Retrieved from https://ir-library.ku.ac.ke/handle/123456789/13170
Habsari, Z. (2017). Dongeng Jawa sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Ilmiah Pengajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 21–29. Retrieved from http://dx.doi.org/ 10.17977/um008v1i12017p021
Hariandi, A., Putri, M., Audria, N., Puspitasari, R., & Mutmainah, S. F. (2019). Peranan Pembelajaran Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 196–204. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a10.2019
Kartika, A. (2019). Pemahaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Munirah. (2014). Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak Perspektif Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 253–264. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/555
Musa, M., Sukur, A., & Fitranto, N. (2019). Korelasi Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab terhadap Indeks Prestasi Akumulatif Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Peserta Kegiatan Outdoor Based Character Building (OBCB). JSCE: Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 3(2), 158–166. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/12712
Nufus, F. P., Dahlan R., M., & Hakiem, M. H. (2019). Pola Pendidikan Karakter melalui Penerapan 9 Pilar di Sekolah Karakter Heritage Foundation. Society, 3(2), 56–71. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Purwanti, E. (2016). Iimplementasi Penggunaan SSP (Subject Specific Pedagogy) Tematik Integratif untuk Menanamkan Tanggung Jawab, Kerja Keras, dan Kejujuran. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–23. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1194
Saputra, D. K. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Tata Tertib Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Setianto, S. (2016). Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Metode Point Skorsing. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Siregar, U. S. (2017). Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Sanksi Berjenjang pada Siswa Kelas V SD. Manajer Pendidikan, 10(1), 109–114. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ article/view/3208
Suryanti, I., & Arafat, Y. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 18 Air Kumbang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 200–206. Retrieved from http://dx.doi.org/10.33369/jmksp.v3i2.1860
Susiyanto, M. W. (2014). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah dalam Rangka Pembentukan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 62–69. Retrieved from https://media.neliti.com/media/ publications/37081-ID-analisis-implementasi-pendidikan-karakter-disekolah-dalam-rangka-pembentukan-sik.pdf
Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dan Keluarga. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Tannir, A., & Anies, A.-H. (2013). Effects of Character Education on the Self-Esteem of Intellectually Able and Less Able Elementary Students in Kuwait. International Journal of Special Education, 28(1), 47–59. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1023237
Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Yuliani, Damopolii, M., & Usman. (2019). Penerapan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pelaksanaan Ibadah Salat Zuhur Berjamaah Peserta Didik. Auladuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 147–155. https://doi. org/10.24252/auladuna.v6i2a5.2019
Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 87–98. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307
Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2020 Ade Nurmala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.