HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PERSPEKTIF GURU

  • Ade Nurmala Universitas Ibnu Khaldun Bogor
    (ID)
  • M. Dahlan R. Universitas Ibnu Khaldun Bogor
    (ID)
  • Ahmad Sobari Universitas Ibnu Khaldun Bogor
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan dengan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam perspektif guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Sampel yang digunakan sebanyak 21 guru yang berasal dari dua sekolah di Kecamatan Tajurhalang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan koesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hubungan pendidikan dengan karakter disiplin terjadi secara positif dan terdapat hubungan pendidikan dengan karakter tanggung jawab. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam perspektif guru.

Abstract

This study aimed to find out the relation of education to the discipline and responsibility characters from the teachers’ perspective. This research used quantitative method with correlational approach. The sample used was 21 teachers from two schools in Tajurhalang District. Data collection techniques used in this study were interview, observation, documentation, and questionnaire. Based on the findings, it was found that the relation of education to discipline character occured positively, and there was relation of education to responsibility character. Therefore, the results of this study indicated significant relation of education to discipline and responsibility characters based on the teachers’ perspective.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahlan R., M. (2016). Konsep Pembelajaran Akidah Akhlak. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).

Diana, F. S., Setyorini, & Irawan, S. (2019). Pengaruh Nilai Pendidikan Karakter terhadap Disiplin Siswa Kelas XI SMK Islam Sudirman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Psikologi Konseling, 14(1), 373–386. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/Konseling/article/view/13734

Ebta, S. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Fathurrahman, P. (2013). Pengembangkan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rafika Aditama.

Gitome, J. W., Katola, M. T., & Nyabwari, B. G. (2013). Correlation Between Students’ Discipline and Performance in the Kenya Certificate of Secondary Education. International Journal of Education and Research, 1(8), 1–10. Retrieved from https://ir-library.ku.ac.ke/handle/123456789/13170

Habsari, Z. (2017). Dongeng Jawa sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Ilmiah Pengajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 21–29. Retrieved from http://dx.doi.org/ 10.17977/um008v1i12017p021

Hariandi, A., Putri, M., Audria, N., Puspitasari, R., & Mutmainah, S. F. (2019). Peranan Pembelajaran Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 196–204. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a10.2019

Kartika, A. (2019). Pemahaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Munirah. (2014). Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak Perspektif Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 253–264. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/555

Musa, M., Sukur, A., & Fitranto, N. (2019). Korelasi Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab terhadap Indeks Prestasi Akumulatif Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Peserta Kegiatan Outdoor Based Character Building (OBCB). JSCE: Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 3(2), 158–166. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/12712

Nufus, F. P., Dahlan R., M., & Hakiem, M. H. (2019). Pola Pendidikan Karakter melalui Penerapan 9 Pilar di Sekolah Karakter Heritage Foundation. Society, 3(2), 56–71. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Purwanti, E. (2016). Iimplementasi Penggunaan SSP (Subject Specific Pedagogy) Tematik Integratif untuk Menanamkan Tanggung Jawab, Kerja Keras, dan Kejujuran. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–23. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1194

Saputra, D. K. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Tata Tertib Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Setianto, S. (2016). Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Metode Point Skorsing. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siregar, U. S. (2017). Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Sanksi Berjenjang pada Siswa Kelas V SD. Manajer Pendidikan, 10(1), 109–114. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ article/view/3208

Suryanti, I., & Arafat, Y. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 18 Air Kumbang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 200–206. Retrieved from http://dx.doi.org/10.33369/jmksp.v3i2.1860

Susiyanto, M. W. (2014). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah dalam Rangka Pembentukan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 62–69. Retrieved from https://media.neliti.com/media/ publications/37081-ID-analisis-implementasi-pendidikan-karakter-disekolah-dalam-rangka-pembentukan-sik.pdf

Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dan Keluarga. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Tannir, A., & Anies, A.-H. (2013). Effects of Character Education on the Self-Esteem of Intellectually Able and Less Able Elementary Students in Kuwait. International Journal of Special Education, 28(1), 47–59. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1023237

Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Yuliani, Damopolii, M., & Usman. (2019). Penerapan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pelaksanaan Ibadah Salat Zuhur Berjamaah Peserta Didik. Auladuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 147–155. https://doi. org/10.24252/auladuna.v6i2a5.2019

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 87–98. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Published
2020-06-22
How to Cite
Nurmala, A., R., M. D., & Sobari, A. (2020). HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PERSPEKTIF GURU. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 10-19. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a2.2020
Section
Vol. 7 No. 1
Abstract viewed = 2441 times