PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

  • Munirah Munirah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sumyati Ahmad Putri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasilbelajar matematika peserta didik kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian ex-postfacto, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif. Variabel bebasdalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat.Instrumen penelitian menggunakan skala kecerdasan emosional dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan teknik analisis regresi sederhana.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional peserta didik kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar berada pada kategori sedang dengan persentase 59,52%, sedangkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar berada pada kategori sedangdengan persentase71,43%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa Persamaan regresi diperoleh Y= 87,818 + 0,02X. Dari hasil uji signifikan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,985 dimana nilai signifikan  0,05 (0.985  0,05), dengan demikian diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tidak ada pengaruh kecerdasan emosional terhadaphasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar.

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of emotional intelligence (EQ) on the learning outcomes of students in the fifth grade of Inpres Bontomanai Elementary School of Makassar City. This type of research is ex-postfacto research, the approach used in this research is a quantitative approach. The independent variable in this study is emotional intelligence while learning outcomes as the dependent variable. Research instruments use the scale of emotional intelligence and documents. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis with simple regression analysis techniques. The results of the descriptive analysis showed that the emotional intelligence of students in grade V SD Inpres Bontomanai Makassar City was in the medium category with a percentage of 59.52%, while the mathematics learning outcomes of students in the fifth grade of SD Inpres Bontomanai Makassar City were in the medium category with a percentage of 71.43% . The inferential analysis results show that the regression equation obtained Y = 87,818 + 0,02X. From the significant test results obtained a significant value of 0.985 where significant values > 0.05 (0.985> 0.05), thus H0 is accepted. The conclusion of this study is that there is no effect of emotional intelligence on the learning outcomes of students in the fifth grade of Inpres Bontomanai Elementary School of Makassar City.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasilbelajar matematika peserta didik kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian ex-postfacto, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif. Variabel bebasdalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat.Instrumen penelitian menggunakan skala kecerdasan emosional dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan teknik analisis regresi sederhana.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional peserta didik kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar berada pada kategori sedang dengan persentase 59,52%, sedangkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar berada pada kategori sedangdengan persentase71,43%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa Persamaan regresi diperoleh Y= 87,818 + 0,02X. Dari hasil uji signifikan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,985 dimana nilai signifikan  0,05 (0.985  0,05), dengan demikian diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tidak ada pengaruh kecerdasan emosional terhadaphasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar.

<w:LsdException Locked="false" Pr

Downloads

Download data is not yet available.

References

Efendi, A. (2005).Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence terjemahan T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasbullah. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hidayati. (2008). Reni dan Yadi Purwanto, Susatyo Yuwono, Hubungan Kecerdasan Emosi dan Stres Kerja Pada Kinerja Karyawan. http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/249/0, (Vol 2, No 1)

Kurniawan, D. (2014). Pembelajarn Terpadu Tematik (Teori, Praktik dan Peilaian). Bandung: Alfabeta,

Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Cet. II; Jakarta: Kencana

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia,

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Sumiyarsih, W. (2012). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang. Vol 11, No 1.

Sukma, Aditya & Helmy, A. (2008) . Studi Empiris Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Stres Kuliah Terhadap Keterlambatan Penyelesaian Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Barawijaya Malang. http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/707, (Vol 1, No 2).

Suryabrata, S. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Published
2018-12-30
How to Cite
Munirah, M., & Ahmad Putri, S. S. (2018). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-145. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a2.2018
Section
Vol.5 No.2
Abstract viewed = 669 times