PERAN GURU DI ERA REVOLUSI 4.0 DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Amir Hamzah uin raden fatah palembang
    (ID)
  • Faisal Faisal UIN Raden Fatah Palembang
    (ID)
  • Fajri Ismail
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan perencanaan program pencegahan penyalahgunaan narkoba sejak di madrasah ibtidaiyah dan implementasi dari program pencegahan penyalahgunaan narkoba di madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi yang selanjutnya dianalisis yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian, antara lain: (1) perencanaan pencegahan penyalahgunaan narkoba, yaitu bekerjasama dengan pemerintah setempat, koordinasi dengan dinas terkait, bekerjasama dengan orang tua, kerjasama dengan stakeholder di madrasah, sosialisasi, pembuatan kantin sehat, pembatasan akses masuk madrasah, peningkatan materi dan praktik agama serta penciptaan suasana yang menyenangkan, dan (2) implementasi dari program yang dirancang, bekerjasama dengan pihak terkait, bekerjasama dengan orang tua baik secara tatap muka maupun via online, praktikum ibadah (shalat dhuha, shalat dhuhur, ekskul BTA, dan hafidz Qur’an), pembelajaran yang menyenangkan, dan penerapan pendidikan karakter, serta pelatihan ICT. Berdasarkan implementasi yang dilaksanakan sampai dengan saat ini, belum ada kasus penyalahgunaan narkoba yang terjadi di kalangan siswa di MI Tarbiyatul Ula Palembang.

Abstract

This study aimed to find out the prevention plan programs of drug abuse and its implementation since madrasah ibtidaiyah. This research used qualitative research. Data collection was done in-depth interviews, documentation, and observations which then analyzed through data reduction, display data, and conclusion drawing verification. The results of the study included; (1) planning for drug abuse prevention by making collaboration with local governments, coordination with related agencies, cooperation with parents, collaboration with stakeholders in madrasahs, socialization, building healthy canteens, restricting access to madrasahs, improving materials and religious practices, and creating a pleasant atmosphere, and (2) implementation of designed programs, collaboration with related parties, collaboration with parents both face-to-face and via online, practicum of worship (dhuha prayer, dhuhur prayer, BTA extracurricular activities, and hafidz Qur'an), fun learning, and the application of character education and  ICT training. Based on the implementation that had been carried out, there were no cases of drug abuse that have occurred among students at MI Tarbiyatul Ula Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiatin, T. (2010). Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dengan Program AJI. UGM Press.

Bhardwaj, A. (2016). Importance of Education in Human Life: A Holistic Approach. International Journal of Science and Consciousness, 2(2), 23–28. http://ijsc.net/docs/issue4/importance-of-education-in-human-life.pdf

Devi, S. (2007). Jadilah Pembimbing dan Guru bagi Putra Putri Anda Panduan Emosi dan Keterampilan. Nuansa.

Hariandi, A., Putri, M., Audria, N., Puspitasari, R., & Mutmainah, F. (2019). Peranan Pembelajaran Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius dan Nasionakisme Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 196–204. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a10.2019

Hergenhan, B. R., & Olson, M. H. (2008). Theories of Learning. Prenada Media Group.

Holder, E. H. (2000). Promising Strategies to Reduce Substance Abuse. Departement of Justice.

Ika. (2019). Upaya Penanggulangan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Narkoba. Palembang Pos.

Maman, T. (2004). School-Based Education for Drug Abuse Prevention. United Nations Office on Drugs and Crime Vienna.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2003). Manajemen Pendidikan Karakter. PT Bumi Aksara.

Nurmala, A., Dahlan, M., & Sobari, A. (2020). Hubungan Pendidikan dengan Karakter dan Tanggung Jawab dalam Perspektif Guru. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 10–19. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a2.2020

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Sekretariat Negara.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Prenada Media Group.

Simangunsong, J. (2015). Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja (Studi Kasus pada Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang). Jurnal Umrah, 1–65. http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2015/09/E-jurnal-jimmy.pdf

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sugiyarto. (2015). Remaja Tamatan SD Ini Konsumsi Sabu Seminggu Empat Kali. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/regional/2015/03/02/remaja-tamatan-sd-ini-konsumsi-sabu-seminggu-empat-kali

Suyatna, U. (2018). Evaluasi Kebijakan Narkotika pada 34 Provinsi di Indonesia. Sosiohumaniora - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 20(2), 168–176. https://core.ac.uk/download/pdf/295384749.pdf

Tobing, J. H. L., & Hutabarat, U. (2007). Nikmat Membawa Sengsara. Indonesia Publishing House.

Winarni, Santosa, S., & Ramli, M. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Oral Activities Siswa SMA Discovery Learning Model for Enhancing Oral Activities of High School Student. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 55–61. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i2.4220

Published
2020-12-17
How to Cite
Hamzah, A., Faisal, F., & Ismail, F. (2020). PERAN GURU DI ERA REVOLUSI 4.0 DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI MADRASAH IBTIDAIYAH. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 124-135. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a2.2020
Section
Vol. 7 No. 2
Abstract viewed = 564 times