PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V

  • Dyana Indri Hapsari Satya Wacana
    (ID)
  • Gamaliel Septian Airlanda Satya Wacana
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui implementasi model pembelajaran berbasis proyek yaitu project based learning (PjBL) pada peserta didik kelas 5. Model PjBL adalah model pembelajaran yang bersifat kontekstual dengan menggunakan proyek sebagai media sehingga diharapkan dapat merubah cara belajar peserta didik secara mandiri dengan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan action research (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari dua siklus. Model pembelajaran ini  dilakukan dengan langkah-langkah; merancang pertanyaan yang mendasar, menyusun rencana membuat perencanaan proyek, menjalankan kegiatan proyek, memantau perkembangan proyek, membuat penilaian terhadap proyek, mengevaluasi. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL telah terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik sebesar 8% yaitu 75% ada siklus 1 dan meningkat 83% pada siklus 2. Oleh karena itu, project based learning disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Abstract:

This study aims to improve the motivation to learn mathematics through the application of project based learning (PjBL) models for the fifth grade students. The PjBL learning model is a contextual learning model using projects as media so that it is expected to change the way students learn independently by increasing the learning motivation and creativity of students. This research is an action research which consists of two cycles. The results showed that the PjBL learning model was carried out by steps; a) find basic questions, b) compile project plans, c) compile and carry out project activities, d) monitor project progress, e) assess project outcomes, f) evaluate experience. In this study it was found that the PjBL model has been shown to increase mathematics learning motivation by 8%, 75% in cycle 1 and increased 83% in cycle 2. Based on the results of the study, the implementation of project based learning can increase motivation to learn mathematics. Therefore, project based learning is recommended to be applied in mathematics learning.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dyana Indri Hapsari, Satya Wacana
pendidikan profesi guru PGSD

References

Apriniarti, M. S., E. Yunidarvi., & Sukaryana. (2014). Model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA di SMPN 14 kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah. Vol.2, No.3, 203-214.

Baharuddin, I. (2014). Efektivitas penggunaan media video tutorial sebagai pendukung pembelajaran Matematika terhadap minat dan hasil belajar peserta didik SMA negeri 1 Bajo kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol.2, No.2, 144-151

Faizah, U. (2015). Penerapan pendekatan saintifik melalui model project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. Jurnal Scholaria. Vol 5, No.1, 24-38

Fikriyah, M., Indrawati, & A. A. Gani. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (project based learning) Disertai Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.4, No.2, 181-186

Indaryati, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia. Vol 3, No.1

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Munirah. (2018). Prinsip-prinsip belajar dan Pembelajaran (Perhatian dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan dan Perbedaan Individu. AULADUNA:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.Vol.5 No.1 116-125

Ratnasari, S. F., & A. A. Saefudin. (2018). Efektivitas pendekatan contextual teaching and Learning (CTL) ditinjau dari kemampuan Komunikasi matematika siswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol.6, No.1, 119-127

Sukmadinata, S., N. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Trisnowali, An. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol 5, No.2, 259-277

Qurrotul, A., & Albertus, D.,L. & Sri, W. (2018). Hasil belajar, minat dan kreativitas siswa SMA pada pembelajaran fisika menggunakan model project based learning dengan memanfaatkan bahan bekas. Vol. 7 No.1

Published
2018-12-30
How to Cite
Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2018). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154-161. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a4.2018
Section
Vol.5 No.2
Abstract viewed = 3664 times