PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH BINGO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SD

  • Alma Julianda Marleni STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
    (ID)
  • Drajat Friansah STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
    (ID)
  • Tio Gusti Satria STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan media pembelajaran math bingo pada pembelajaran matematika materi pecahan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Media math bingo dikembangkan dengan memanfaatkan aplikasi powerpoint yang terdiri dari 4 papan permainan bingo. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) mengacu pada model pengembangan 4D. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan angket respon guru. Analisis data melalui empat tahapan, yaitu define, design, development, dan dessiminate. Berdasarkan hasil uji coba small group work yang dilakukan pada kelas IV SDN 48 Lubuklinggau, diperoleh bahwa, hasil kepraktisan media pembelajaran math bingo berada pada kriteria sangat praktis. Kemudian uji coba validasi yang dilakukan oleh 3 validator ahli media, bahasa, dan materi diperoleh hasil validasi media komik dengan kategori tinggi, sehingga disimpulkan bahwa dalam tahap uji coba small group work dan uji validasi memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. Media pembelajaran math bingo pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Abstract

This study aims to determine the development of math bingo learning media in mathematics learning with fractions that meet valid and practical criteria. Math bingo media was developed by utilizing the powerpoint application, consisting of 4 bingo game boards. The method used was Research and Development (RnD), which referred to the 4D development model. Data was collected through validation sheets, student and teacher response questionnaires. Data analysis went through four stages: define, design, development, and disseminate. Based on the results of the small group work trial conducted in the fourth-grade students of SDN 48 Lubuklinggau, it was found that the practicality of the math bingo learning media was in very practical criteria. Then, the validation test carried out by three validators of media, language, and material experts indicated that the validation result of comic media was in the high category, it concluded that the criteria for validity and practicality were met in the small group work trial stage and the validation test. Learning media math bingo in mathematics learning fractions of grade IV elementary school can be used in the learning process in elementary schools.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amka. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Nizamia Learning Center.

Anggela, D. L., Satria, T. G., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 246–259. https://doi.org/ 10.54367/aquinas.v4i2.1247

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Pembelajaran dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1), 214–219. https://doi.org/10.37058/jspendi dikan.v3i1.193

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. N. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Komik pada Materi Cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100–105. https://doi.org/10.19184/jpf.v1i1.23143

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktika, 18(3), 255–269. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4395

Masniladevi, Prahmana, R. C. I., Helsa, Y., & Dalais, M. (2017). Teachers’ Ability in Using Math Learning Media. Journal of Physics Conference Series, 943(1), 012059. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012059

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustakaraya.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Oktaviani, T., Dewi, E. R. S., & Kiswoyo. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif dengan Metode Permainan Bingo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 47–52. https://doi.org/10.23887/mi. v24i1.17409

Pardimin, Apriadi, Ninsiana, W., Dacholfany, M. I., Kamar, K., The, K. S. M., Huda, M., Hananto, A. L., Muslihudin, M., Shankar, K., Kamenez, N. V., & Maseleno, A. (2018). Developing Multimedia Application Model for Basic Mathematics Learning. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 10(14-Special Issue), 1347–1356. https://ustjogja.ac.id/journal/download/Pardimin-JARDCS-Developing-Multimedia- Application- Model- for- basic-Mathematics-Learning. pdf

Satria, T. G., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa SD di Kota Lubuklinggau. Basicedu, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.382

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 154–160. https://eric.ed.gov/?id=EJ1165728

WitaHarahapa, L., & Suryab, E. (2017). Development of Learning Media in Mathematics for Students with Special Needs. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 1–12. https://gssrr.org/index.php/ JournalOfBasicAndApplied/article/view/7318

Yunita, D., & Septiawan, T. (2021). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Hand Hygiene dengan Kombinasi Roleplay, Ceramah, dan Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan Murid SD. Borneo Student Research, 2(2), 841–851. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1539/777

Published
2021-12-25
How to Cite
Marleni, A. J., Friansah, D., & Satria, T. G. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH BINGO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SD. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 160-167. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a4.2021
Section
Vol. 8 No. 2
Abstract viewed = 1603 times