PENGARUH GURU PROFESIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SMPN 1 BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO
Abstract
Abstract: This research aimed at investigating the influence of professional teachers on students' motivation at SMP 1 Bontoramba Jeneponto. This research used survey method which focused on three main problems, namely (1) How professional teachers at SMPN Bontoramba Keneponto?; (2) How motivated students at SMPN Bontoramba Keneponto?; Is there significant influence of teachers’ professionalism on students' motivation at SMPN Bontoramba Jeneponto. The results of the research showed that: (1) The teachers had shown professionalism in their teaching; (2) The students had shown a high motivation in learning; (3) There was a significant influence of teachers' professionalism on students' motivation. The implication of this research was the importance of the continuation of teacher instructional development training at schools.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh guru professional terhadap motivasi belajar peserta didik di SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan focus pada 3 masalah pokok: (1) Bagaimana profesionalisme guru di SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto?; (2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik di SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto?; dan (3) Apakah ada pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar peserta didik di SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) guru telah menunjukkan kinerja profesionalisme yang baik dalam proses belajar mengajar; (2) motivasi belajar siswa SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto telah menunjukkan motivasi tinggi dalam proses belajar mengajar. (3) terdapat pengaruh antara kinerja professional guru terhadap motivasi belajar siswa. Simpulan penelitian ini berimplikasi terhadap perlunya kontinuitas pelatihan peningkatan kinerja pembelajaran terhadap tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah.Downloads
References
Cowan, J. Milten. (ed) A Dictionary of Modren Written Arabic, (New York t.p. 1971.
Danim, Sudarwan. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2010.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya,. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an, 2002.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Revisi. Cet. X; Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
Effendi, Muchtar. Manajemen Suatu Pendekatan berdasarkan Ajaran Islam, Jakarta: Bharata, 2006.
Getteng, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika, Cet. III; Yogyakarta: Graha Guru, 2011.
Abi Shâlih, Muhibb al-Dîn Ahmad, et al. Muzakkirah Mu’jizah fî al-Tarbiyyah al-Islâmiyyah wa Thurûq al-Tadrîs al-‘Ulûm al-Diniyyah wa al-'Arâbiyyah. Madinah al-Munawwarah: Matabi‘ al-Jâmi‘ah al-Islâmiyah, 1410 H.
Idris, Muhamad. Kiat Menjadi Guru Profesional. Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Cet. VII. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jilid I. Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006.
PP RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Bab.VI, pasal.
Pidarta, M. Manajemen Pendidikan Indonesia. Edisi Revisi, Jakarta: Bina Aksara, 2008.
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Cet. I. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1994.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Redaksi Sinar Grafika. Undang-undang Guru dan Dosen UU RI No. 14 Th. 2005. Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika, 2009.
Republik Indoneisa, UU RI No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidi-kan Nasional.
-------. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
-------. “Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru”, pasal 1.
Rumi, Ahmad. Ensiklopedia. Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Rusn, Abidin Ibnu. Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan. Cet. II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sholeh, Asrorun Ni’am. Membangun Profesionalisme Guru: Analisis Kronolo-gis atas Lahirnya UU Guru dan Dosen. Jakarta: Elsas, 2006.
Suyanto. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Cet. I. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2009.
Spencer, Lyle M. and Signe M. Spencer. Competence at Work: Modelems for Superior Performance. Canada: Jhon Wiley, 2009.
Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Cet. IV. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Yusuf, M. T. Teori Belajar dalam Praktek. Makassar: Alauddin Press, 2013.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.