EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SINJAI SELATAN

  • Irmayanti Irmayanti Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
    (ID)
  • Danial Danial Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika permainan pada siswa Sekolah Dasar di Sinjai Selatan. Jenis penelitian adalah menggunakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif untuk menggali informasi tentang aktivitas etnomatematika pada permainan siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di Sinjai Selatan. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa permainan tradisonal siswa mengandung unsur-unsur matematika diantaranya materi bangun datar, pengenalan angka, himpunan, konsep jarak, peluang dan operasi bilangan bulat. Hal ini menjadikan siswa dapat belajar dari dunia keseharian yang menyenangkan, serta sesuai kehidupan sosial budaya di Sinjai khususnya Sinjai Selatan

                                                                                  Abstract

This study aimed at exploring the ethnomatematics of games in elementary school students in South Sinjai. This type of research used exploratory research with a qualitative approach to explore information about ethnomatematics activity in the game of elementary school students. The subjects of this study were elementary school students in South Sinjai. The data collection used observation, documentation and in-depth interviews. The data obtained were analyzed by triangulation method. The results of the study were found that traditional student games contained elements of mathematics including material of figure, recognition of numbers, sets, concepts of distance, probability and integer operations. This made students be able to learn from the pleasant world of everyday life, and in accordance with the socio-cultural life in Sinjai, especially South Sinjai.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14–23.

Karimi, A. F. (2012). Think Diffferent Jejak Pikir Reflektif Seputar Intelektualitas, Humanitas, dan Religiusitas. Gresik: MUHI Press.

Laurens, T. (2016). Analisis Etnomatematika dan Penerapannya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lemma, 3(1), 86–96. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=2ahUKEwiokL_lnIvjAhVJM48KHXrWDVIQFjABegQIAxAC&url=https%3A%2F%2Fmedia.neliti.com%2Fmedia%2Fpublications%2F145598-ID-analisis-etnomatematika-dan-penerapannya.pdf&usg=AOvVaw2iBIJ4wP0Irh0Vt3r_xR21

Marsigit. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. STIKIP PGRI Sumatera Barat.

Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mutmainna, D., Mania, S., & Sriyanti. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 56–61. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/56-69/pdf

Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan pada Masyarakat Melayu Riau. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 220–238. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=2ahUKEwj54rinpIvjAhUM4o8KHdCeBmQQFjAAegQIABAC&url=http%3A%2F%2Fejournal.uin-suska.ac.id%2Findex.php%2FKutubkhanah%2Farticle%2Fdownload%2F2552%2F1616&usg=AOvVaw17d6XW4IPKohR0dEFZDwik

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 21–31. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/1018

Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceedings Of The International Conference On University-Community Engagement. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/7435/

Safitri, D. (2015). Eksplorasi Konsep Matematika Pada Permainan Masyarakat Melayu Sambas (Universitas Tanjungpura Pontianak). Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj799yek4vjAhUUiXAKHRcYDawQFjAAegQIABAC&url=http%3A%2F%2Fjurnal.untan.ac.id%2Findex.php%2Fjpdpb%2Farticle%2Fdownload%2F10350%2F10004&usg=AOvVaw3SCeAidQlKPllJ63KhxJwJ

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Tandililing, E. (2013). Pengembangan pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10748

Ulum, Bakhrul., M. T. B. dan R. E. (2017). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), V. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwicnY37m4vjAhVenI8KHaK-DEwQFjACegQIBBAB&url=http%3A%2F%2Fconferences.uin-malang.ac.id%2Findex.php%2FSIMANIS%2Farticle%2Fview%2F40&usg=AOvVaw2CoWJyHADZhl_r5sHVpgEN

Wahyuni, Astri., A. A. W. T. dan B. S. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan Tema ” Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika nntuk Indonesia Lebih Baik. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjFjbbMlovjAhULUI8KHWGYDlYQFjAAegQIAhAC&url=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F10738%2F1%2FP%2520-%252015.pdf&usg=AOvVaw0Pz8pm73iM5PY7B8JFeulj

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zaerani, S., Mardhiah, & Suharti. (2017). Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri Balang-Balang. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 279–292. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3616/pdf

Published
2019-06-28
How to Cite
Irmayanti, I., & Danial, D. (2019). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SINJAI SELATAN. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 90-104. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a10.2019
Section
Artikel
Abstract viewed = 1674 times