PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NHT SMA NEGERI 9 MAKASSAR

  • Asrijal Asrijal
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui  perbandingan motivasi belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan  pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Makassar, dan (2) mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan  pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Makassar.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPAsemester genap SMA Negeri 9 Makassartahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik clusterrandom sampling dengan memilih dua kelas dari enam kelas XI IPA yang ada. Kelas yang dimaksud yaitukelas XI IPA1 dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan jumlah siswa 40 orang dan kelas IPA2 dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT dengan jumlah siswa  40 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012.

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 9 Makassar (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 9 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Asrijal Asrijal
Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar

References

Sardiman, A. M. 2001. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Slavin, R. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, and Praktik (Terjemahan dari Cooperative Learning: Theory, Research, dan Practice. Buston: Allyn and Bacon). Bandung: Nusa Media.

Sumarni. 2010. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) dengan Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa).Jurnalonline)Http://www.ctl.utm.my/publications/manuals/mm/enMM.pdf. Diakses pada tanggal 9 Desember 2011).

Published
2014-12-01
How to Cite
Asrijal, A. (2014). PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NHT SMA NEGERI 9 MAKASSAR. Jurnal Biotek, 1(1), 15-20. https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1685
Section
Articles
Abstract viewed = 157 times