PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NHT SMA NEGERI 9 MAKASSAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbandingan motivasi belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Makassar, dan (2) mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPAsemester genap SMA Negeri 9 Makassartahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik clusterrandom sampling dengan memilih dua kelas dari enam kelas XI IPA yang ada. Kelas yang dimaksud yaitukelas XI IPA1 dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan jumlah siswa 40 orang dan kelas IPA2 dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 9 Makassar (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 9 Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Sardiman, A. M. 2001. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Slavin, R. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, and Praktik (Terjemahan dari Cooperative Learning: Theory, Research, dan Practice. Buston: Allyn and Bacon). Bandung: Nusa Media.
Sumarni. 2010. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) dengan Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa).Jurnalonline)Http://www.ctl.utm.my/publications/manuals/mm/enMM.pdf. Diakses pada tanggal 9 Desember 2011).
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.