PENGARUH SARANA PRASARANA AKADEMIK DAN KUALITAS MENGAJAR DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

  • Muh Ilyas Ismail
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1. Menganalisis kelengkapan sarana prasarana
akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. 2.
Menganalisis kualitas mengajar dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar. 3. Menganalisis prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. 4. Menganalisis pengaruh sarana
prasarana akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar. 5. Menganalisis pengaruh kualitas mengajar
dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar.

Penelitian ini adalah expost-facto dengan menggunakan model penelitian survey dengan teknik analisis regresi linier gandaSubjek populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa angkatan angkata 2010/2011 masing-masing jurusan yang ada pada Fakultas Tarbiyaah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jumlah populasi 557 orang, sampel 60 orang mahasiswa. Ada tiga data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu: 1) data prestasi belajar mahasiswa, 2) data sarana dan prasarana akdemik berdasarkan persepsi mahasiswa, 3) data kualitas mengajar dosen berdasarkan persepsi mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Teknik analisis statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan karakteristik data yang diperoleh dari masing-masing mahasiswa , dan Analisis inferensial adalah untuk menguji hipotesis. 

Berdasarkan hasil analisis statistik variable sarana prasarana akademik (X1) dan
kualitas mengajar dosen (X2) terhadap prestasi belajar (Y) dengan menggunakan analisis regresi ganda pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh Fhitung sebesar 5,410 lebih besar dari Ftabel= 4,02 pada taraf = 0,05. Ini berarti model regresi yang diperoleh signifikan dan dapat digunakan untuk menaksir variabel (Y) apabila variabel bebas (X1) dan variabel bebas (X2) diketahui. Artinya variable (Y) prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dipengaruhi oleh variabel bebas (X1) sarana prasarana akademik dan variabel bebas (X2) kualitas mengajar dosen. Dan dapat dijelaskan bahwa hasil analisis tersebut diperoleh nilai koofisien diterminasi (𝑅2) sebesar 0,085 atau 8,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muh Ilyas Ismail

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Anom.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Anom.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011.

Anom.Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011.

Anom.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011.

Anonim.Pedoman Penjaminan Mutu Akademik Universitas Indonesia; Prasarana dan Sarana Akademik.Jakarta: Badan Penjaminan Mutu Akademik Universitas Indonesia, 2007.

Bapadal, Ibrahim. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: P.T. Bumi Aksara, 2003.

Gallay, Les and Suet Ling Pong. “ School Climate and Students’ Intervention Strategies’, Paper presented at the Society for Prevention Research annual Meeting, Quebec City, May 2004. http://www.ppp.psu.edu/socresp/quebec1.pdf (diakses 24 Maret 2013)

Indrajit, R. Eko dan R. Djokopronoto.Manajemen Perguruan Tinggi

Modern.Yogyakarta: C.V. Andi offset, 2006.

Lumowa, Deysie. Pengaruh Prilaku Pemimpin, Kecerdasan Entrepreneurial dan Sarana Pendidikan Terhadap Kinerja Guru SMK di Kota Manado . Sinopsis Disertasi, Universitas Negeri Jakarta, 2012.

Pristiwaluyo, Triyanto. Analisis Kualitas Layanan Perguruan Tinggi dan Harapan Mahasiswa Setelah Menyelesaikan Studi Di Universitas UNM. Disertasi, Universitas Negeri Jakarta, 2009.

Rosyada, Dede. Paradikma Pendidikan demokratis: sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2007.

Schartz , Peter dan Graham Webb. Case Studies on Teaching in Higher Education. London: Pidden, 1990.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Balajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Sudjana S., H. Djudju. Strategi Pembelajaran (Bandung: Falah Production, 2000.

Suhadi, Pengaruh Iklim Organisasi, Motivasi Berprestasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Keinovatifan Dosen pada Asian Banking Finance, Perbanas Jakarta.Sinopsis Disertasi.Universitas Negeri Jakarta, 2012.

Zarkasih Putro, Khamin dan M. Mahlani. “Pendekatan Total Quality Management dalam Pendidikan” http://mahalaniraya.wordpress.com /2008/03/01 pendekatantotal-qualitymanagement-tqm-dalam-pendidikan/(diakses 25 maret 2013)

Published
2015-12-22
How to Cite
Ismail, M. I. (2015). PENGARUH SARANA PRASARANA AKADEMIK DAN KUALITAS MENGAJAR DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. Jurnal Biotek, 3(1), 78-90. https://doi.org/10.24252/jb.v3i1.1920
Section
Articles
Abstract viewed = 817 times