PENGARUH SARANA PRASARANA AKADEMIK DAN KUALITAS MENGAJAR DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk; 1. Menganalisis kelengkapan sarana prasarana
akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. 2.
Menganalisis kualitas mengajar dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar. 3. Menganalisis prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. 4. Menganalisis pengaruh sarana
prasarana akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar. 5. Menganalisis pengaruh kualitas mengajar
dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar.
Penelitian ini adalah expost-facto dengan menggunakan model penelitian survey dengan teknik analisis regresi linier gandaSubjek populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa angkatan angkata 2010/2011 masing-masing jurusan yang ada pada Fakultas Tarbiyaah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jumlah populasi 557 orang, sampel 60 orang mahasiswa. Ada tiga data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu: 1) data prestasi belajar mahasiswa, 2) data sarana dan prasarana akdemik berdasarkan persepsi mahasiswa, 3) data kualitas mengajar dosen berdasarkan persepsi mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Teknik analisis statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan karakteristik data yang diperoleh dari masing-masing mahasiswa , dan Analisis inferensial adalah untuk menguji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis statistik variable sarana prasarana akademik (X1) dan
kualitas mengajar dosen (X2) terhadap prestasi belajar (Y) dengan menggunakan analisis regresi ganda pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh Fhitung sebesar 5,410 lebih besar dari Ftabel= 4,02 pada taraf = 0,05. Ini berarti model regresi yang diperoleh signifikan dan dapat digunakan untuk menaksir variabel (Y) apabila variabel bebas (X1) dan variabel bebas (X2) diketahui. Artinya variable (Y) prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dipengaruhi oleh variabel bebas (X1) sarana prasarana akademik dan variabel bebas (X2) kualitas mengajar dosen. Dan dapat dijelaskan bahwa hasil analisis tersebut diperoleh nilai koofisien diterminasi (𝑅2) sebesar 0,085 atau 8,5%.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anom.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
Anom.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011.
Anom.Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011.
Anom.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011.
Anonim.Pedoman Penjaminan Mutu Akademik Universitas Indonesia; Prasarana dan Sarana Akademik.Jakarta: Badan Penjaminan Mutu Akademik Universitas Indonesia, 2007.
Bapadal, Ibrahim. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: P.T. Bumi Aksara, 2003.
Gallay, Les and Suet Ling Pong. “ School Climate and Students’ Intervention Strategies’, Paper presented at the Society for Prevention Research annual Meeting, Quebec City, May 2004. http://www.ppp.psu.edu/socresp/quebec1.pdf (diakses 24 Maret 2013)
Indrajit, R. Eko dan R. Djokopronoto.Manajemen Perguruan Tinggi
Modern.Yogyakarta: C.V. Andi offset, 2006.
Lumowa, Deysie. Pengaruh Prilaku Pemimpin, Kecerdasan Entrepreneurial dan Sarana Pendidikan Terhadap Kinerja Guru SMK di Kota Manado . Sinopsis Disertasi, Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Pristiwaluyo, Triyanto. Analisis Kualitas Layanan Perguruan Tinggi dan Harapan Mahasiswa Setelah Menyelesaikan Studi Di Universitas UNM. Disertasi, Universitas Negeri Jakarta, 2009.
Rosyada, Dede. Paradikma Pendidikan demokratis: sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2007.
Schartz , Peter dan Graham Webb. Case Studies on Teaching in Higher Education. London: Pidden, 1990.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Balajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Sudjana S., H. Djudju. Strategi Pembelajaran (Bandung: Falah Production, 2000.
Suhadi, Pengaruh Iklim Organisasi, Motivasi Berprestasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Keinovatifan Dosen pada Asian Banking Finance, Perbanas Jakarta.Sinopsis Disertasi.Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Zarkasih Putro, Khamin dan M. Mahlani. “Pendekatan Total Quality Management dalam Pendidikan” http://mahalaniraya.wordpress.com /2008/03/01 pendekatantotal-qualitymanagement-tqm-dalam-pendidikan/(diakses 25 maret 2013)
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.