Penggunaan E-Modul Berbasis Discovery Learning Melalui Pendekatan Lesson Study Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik
Abstract
Masalah dalam proses pembelajaran yaitu keterbatasan bahan ajar yang berorientasi pada student center karena bahan ajar yang tersedia hanya buku paket. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang menggunakan desain one group pretest posttest design yang bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan kognitif peserta didik melalui penggunaan e-modul interaktif berbasis Discovery Learning dengan pendekatan lesson study pada kelas XI IIS 2 SMA Negeri 9 Makassar. Subjek penelitian terdiri dari 28 orang peserta didik kelas XI IIS 2. Berdasarkan hasil analisis deskriptif statistik pada saat pretest diperoleh rata-rata 63, sedangkan pada posttest diperoleh rata-rata 87. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dengan menggunakan uji N-Gain dimana data yang diperoleh berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis Discovery Learning melalui pendekatan lesson study efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik.
Downloads
References
Agustia, F. S., & Fauzi, A. (2020). Efektivitas E-Modul Fisika SMA Terintegrasi Materi Kebakaran Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(1). 1-8. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/107805/103720
Agustina, R. (2021). Penggunaan Emodul Interaktif Menggunakan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Performa Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di KelaS X MIPA 7 SMAN 1 GARUT. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(2), 119-129. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i2.154
Armansyah, A., & Munastiwi, E. (2021). Use of E-Learning and Social Media in Social Studies in Elementary School During and After the Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Primary Education, 5 (1), 93-104. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/31683/15826
Dahar, R. W. (1989). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Febrina, T., Leonard, L., & Astriani, M. M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 27-36. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8141
Gregory, A., Allen, J. P., Mikami, A. Y., Hafen, C. A., & Pianta, R. C. (2014). Effects Of A Professional Development Program On Behavioral Engagement Of Students In Middle and High School. Psychology in the Schools, 51(2), 143-163. https://doi.org/10.1002/pits.21741
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. USA: Dept. Of Physics Indiana University.
Herlanti, Y. (2014). Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Syarif Hidayatullah.
Istigfar, AM, Wijaya, M., & Nurmila, N. (2020). Pengaruh Multimedia Ncesoft Flipbook Maker Pada Materi Pembelajaran Pengendalian Gulma Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Atph Smk Negeri 1 Bone-Bone. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 4, 66-78. https://doi.org/10.26858/jptp.v1i0.6234
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25
Maharani, B. Y.(2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549-561. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/106
Pinar, R. D. (2019). Analisis Proses Pembelajaran Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 di Kelas II SDN Jatidukuh Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 172-190. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12940
Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1). https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880
Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Shobahah, E. N. (2018). Pengembangan E-Modul Digital Flipbook Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Penyimpanan Arsip Kelas X OTKP 1 Di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 6 (1). 70-77. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/24511
Sugiyanto, S., & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Pada Kompetensi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional. Indonesian Journal of Education and Learning, 3 (2), 354-359. https://dx.doi.org/10.31002/ijel.v3i2.2337
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supranoto H. (2015). Penerapan Lesson Study Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru SMA Bina Mulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (PROMOSI). Vol 3 (2). 21-28. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i2.330
Sutowijoyo. (2016). Study Penerapan Lesson study Dalam Peningkatan Efektivitas Praktek Pembelajaran Di Mts Negeri Prigen. Jurnal Diklat Keagamaan, 10 (4), 295-304. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/11
Vintantri, C. A. (2014). Penerapan Lesson study Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mata Kuliah Advanced Calculus. Grametika, 5 (1), 8-18. https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/429
Wahyuni, H. I., & Puspari, D. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 kompetensi dasar mengemukakan daftar urut kepangkatan dan mengemukakan peraturan cuti. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 1(1), 54-68. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p54-68
Weda. K. S, Agistini K, dan Sugihartini N. (2018). Pengaruh E-Modul Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). 7 (2). 141-150. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.13349
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wiradintana, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavioural Approach). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 2549-2284. http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v2i1.919
Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared Dan Webbed Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19-26. https://doi.org/10.21009/1.01204
Copyright (c) 2022 Saparuddin, Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai, Sitti Kahfiah, Eka Ayu Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.