PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS, MIND MAPS, COOPERATIVE LEARNING (SM2CL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Muhammad Sultani Taufik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Khalifah Mustami Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh model pembelajaran synectics, mind maps, cooperative learning (SM2CL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian quasi experiment ini memiliki sampel sebanyak 24 kelas eksperimen dan 23 kelas kontrol yang diambil secara random sampling dari populasi seluruh siswa kelas XI IPA MIA1 MA Madani Alauddin Pao-Pao. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttes control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis statistik inferensial dengan uji Paired-Sampel T Tes menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pretest dan post-test diperoleh  = 47,448 dan  = 1,714. Dalam hal ini  > , maka  diterima dan  ditolak, artinya ada perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum dengan sesudah diterapkan model pembelajaran SM2CL. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menggambarkan bahwa nilai rata-rata post-tes kelas eksperimen (87,92) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata post-tes pada kelas kontrol (69,61). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SM2CL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX IPA MIA1 pada mata pelajaran Biologi di MA Madani Alauddin Pao-Pao Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrizal W.W., Sri Mulyani E.S., Enni S.R. (2017). Problem Based Learning Based Socio-Scientific Issue to Develop The Ability of Critical Thinking and Student Communication. Journal of Innovative Science Education 6 (1): 134.

Baskoro A.P., Bowo S, Wahyu. (2013). Application of Integration Synthesis of Inkuiri and Stad (Instad) to Increase Think Ability Level High Student Class VII-D SMPN 27 Surakarta. Journal of Bioedukasi 6 (1): 44.

Buzan, Tony. (2005) Mind Maps at Work. Terj. Daniel Wijaya, Cara Cemerlang Menjadi Bintang di Tempat Kerja. Jakarta: Gramedia.

Cristian D, Ani R, dan Suharto L. (2017). Development of Integrated Learning Model of IPA Ethnosains for Improving Learning Outcomes and Creative Thinking Skills. Journal of Innovative Science Education 6 (1): 125.

Hadiyanti, Lutfia Nur. (2013). Keterampilan Berpikir Kritis (Student Centered Learning) dalam Berbagai Dimensi Pembelajaran Biologi. Tesis, Program Magister Pendidikan Biologi Sekolah Pascasarjana: Universitas Pendidikan Indonesia.

Liliasari. (2001). The Science-Learning Model to Improve Teachers' High-Level Thinking Skills as a New Trend In The Globalization Era. Journal of Teaching MIPA UPI, 2 (1): 64.

Lukitasari, Dian Retno. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Berbantuan Film Sebagai Sumber Belajar Pada Pokok Bahasan Sikap Pantang Menyerah Dan Ulet Kelas X Pm Smk N 1 Batang”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Marviyanasari, Siska. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Melalui Model Mind Mapping. Tesis. Program Pascasarjana Magister Pendidikan IPS: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.

Mustami, Muh. Khalifah., Suryadin., Ismail Suardi W. (2017). Learning Models Combined with Maps of Mind and Cooperative Strategies for Junior School Student. Journal of Engineering and Applied Sciences, 12 (7): 1682.

Mustami, Muhammad Khalifah. (2015). Biologi dan Pembelajaran Biologi Inovatif: Menuju Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean, Model SM2CL Untuk Pembelajaran Biologi Yang Inovatif. Makassar Prosiding Seminar Nasional, 1 (1): 1.

Mustami, Muh. Khalifah. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.

Mustami, Muh. Khalifah. (2017). Pembelajaran Sains dengan Model SM2CL. Makassar: Pusaka Almaida.

Quitadamo, I.J., Celia L.F., James E.J., & Marta J.K. (2008). Community-based Inquiry Improves Critical Thinking in General Education Biology. CBE-Life Science Education, 7 (4): 327-337.

Saheri, Kasmadi I.S., Sri Haryani. (2017). Development of Critical Thinking Skills Assessment Instruments High School Students Through Problem-Based Model Problem Solution Materials Buffer. Journal of Innovative Science Education, 6 (1): 44-45.

Usman, Sri Mulyani E.S., Priyantini W. (2017). Analisis Kesesuaian RPP terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Biologi dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Journal of Innovative Science Education, 6 (2): 246-247.

White T, Paul W, Terri G, Richard H, Dubear K, Kevin L, Laura L, Anrea L, & Elizabeth H. (2009). The Use of Interupted Case Studies to Enhance Critical Thingking Skills in Biology. Journal of MicroBiology and Biology Education, 10 (2): 25-31.

Widiari, Made. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 2 (1): 21.

Published
2018-12-31
How to Cite
Taufik, M. S., Mustami, M. K., & Damayanti, E. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS, MIND MAPS, COOPERATIVE LEARNING (SM2CL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Biotek, 6(2), 61-72. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.5378
Section
Articles
Abstract viewed = 861 times