PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 9 MAKASSAR

  • Yusniar Rasjid
    (ID)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran SQ4R dengan metode Talking Stick terhadap keterampilan metakognisi siswa SMA 09 Makassar; (2) pengaruh model pembelajaran SQ4R dengan metode Talking Stick terhadap hasil belajar biologi SMA 09 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 9 Makassar tahun ajaran 2012-2013. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan rubrik MAD untuk mengukur keterampilan metakognisi siswa dan tes hasil belajar berbentuk uraian untuk mengukur hasil belajar biologi siswa. Data analisis secara deskiptif dan inferensial (statistik anakova dengan bantuan program SPSS 20,0 for Windows, dilakukan dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran SQ4R dengan metode Talking Stick terhadap keterampilan metakognisi siswa, (2) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran SQ4R dengan metode Talking Stick terhadap hasil belajar biologi siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

Yusniar Rasjid
Dosen Prodi Pendidikan Biologi PMIPA STKIP-PI Makassar

Referensi

Anderson, L. & Krathwohl, D. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arpin 2012. Pengaruh Penggunaan Metode CWPT siswa SMP Hang Tuah terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM Makassar.

Corebima. 2009. Metacognitive Skill Measurement Integrated in Achievement Test. Makalah disajikan dalam Third International Conference on Science and Mathematics Education di Penang, Malaysia, tanggal 10 November s.d 12 November2009.(Online),(www.rescam.edu.my/cosmed /Abstract/.../01.pdf,).

Depdiknas. 2008. Pengembangan Perangkat Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. (Online), (www.physics.indiana. edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf‎, diakses 5 Juli 2013).

Hidayati, S. 2009. Penggunaan Metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record dan Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Melalui Blog Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Latifah, U. 2008. Implementasi Metode Pembelajran SQ4R Menggunakan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK, Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Latifah, U. 2008. Implementasi Metode Pembelajran SQ4R Menggunakan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK, (Online), (http://repository.upi.edu. Diakses 6 November 2012).

Livingston, J. 2003. Metacognition: An Overview, (Online), (http://people.ucsc.edu/, Diakses 7 Januari 2013).

Meltzer, D.E. 2002. The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible ‘‘hidden variable’’ in diagnostic pretest scores. American Journal Physics. (Online), Jilid 70 (www.physicseducation.net/docs/AJP-Dec-2002-Vol.70-1259-1268.pdf‎, diakses 5 Juli 2013).

Miranda, Yula. (2010). Pembelajaran Metakognitif Dalam Srategi Kooperatif Think-Pair-Share Dan Think-Pair-Share+Metakognitif Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Biologi Di Sma Negeri Palangkaraya. Tesis. Jurusan Biologi Universitas Palangkaraya. (Online), (http://stkippgringanjuk. blogspot.com,).

Ormrod, J.E. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Santrock. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Predana Media Group.

Schraw, G. and Dennison, R.Y. 1994. Assessing Metakognitive Awarennes. Contemporary Educational Psychology 19(460-475), (Online),. (http://wiki. biologyscholars.org/@api/deki/files/99/%3DSchraw1994.pdf, diakses 16 Juli 2013).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2012. Cooperatif Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanna. 2011. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Metakognitif terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sman 1 Palopo. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM Makassar.

Tahir, R. 2012. Pengaruh Metode Survey, Question, Read. Recite, Review terhadap Kemampuan Metakognisi dan Hasil Belajar Materi Ekosistem Siswa SMA. Tesis tidak diterbitkan. Program Pendidikan Biologi Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Media Group.

Usman, User. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Worouw, Z. W. M. 2009. Pengaruh Pembelajaran Metakognitif Dengan Strategi Cooperative Script, Dan Reciprocal Teaching Pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Kemampuan Dan Keterampilan Metakognitif, Berfikir Kritis, Hasil Belajar Siswa, Serta Retensinya di SMP Manado. Disertasi. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Diterbitkan
2015-12-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 2152 times