HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 4 BAREBBO KABUPATEN BONE

  • Novira Sagita Idmal STKIP Muhammadiyah Bone
    (ID)
  • Sri Wahyuni STKIP Muhammadiyah Bone
    (ID)

Abstrak

Abstract

This research is a correlational expost facto research that aims to know the relationship between the use of IPAor science learning resources and the science learning outcomes of students at SMP Negeri 4 Barebbo. The data were collected with questionnaire instruments  and documents to 48 people consist of 1 IPA teacher and 47 students. The data then analyzed descriptively with  statistical analysis and inferential statistics. The result of the study show tcount score > ttable score (0,576 > 0,294 and 0,546 > 0,294).It indicate that there is a positive relationship between the use of learning resources with students’ learning outcomes of IPA at SMP Negeri 4 Barebbo, Bone regency.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdullah, A & Eny, R. 2012. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdullah, Ramli. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika. XII (2), 216-231.

Anni, Catharina Tri. 2002. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arsal, Andi Faridah., Dirawan, Gufran D., Hala, Jusminah., Tahmir, Suradi.,Arifin, Arifa Novia., & Bahri, Arsad. 2017. Identifikasi Sumber Belajar pada Pembelajarn Berbasis Lingkungan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sainsmat, VI (2), 73-83.

Astuti, H,P. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Askeb II Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan STIKES Kusuma Husadi Surakarta. Jurnal KesMaDasKa.

Aswan, A., & Agung, A. S. (2019). Penggunaan Media Augmented Reality ( Ar ) Terintegrasi Roadmap Berbasis Android Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Pencernaan, 4–7.

Dewi, A.,L.,S. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN Jatijejer Trawas Mojokerto TA 2017-2018. Elementary School Education Journal (ELSE). 2(2), 42 – 54.

Harahap, F. A. 2017. Hubungan Sumber Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Binjai. Sumatera Utara: UIN SU.

Hendarwati, Endah. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 1 Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS. Jurnal Pedagogia 2 (1): 59-70.

Imtihara, M., Putut, M.,B., Bambang, P. 2014. Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMA. Journal of Biology Education (online). Vol.3. No. 2, 186 – 192 (http://journal.Unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe. Diakses tanggal 15 Mei 2019).

Khanifah S., Krispinus K.P., Sri.S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal Of Biology Education (Online), Vol.1 No.1 (Http://Journal.Unnes..Ac.Id/Sju/Index.Php/Ujbe, Diakses 15 Mei 2019).

Lestari I.A., Nadia R.H., 2019. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa Terhadap Minat Baca Siswa. Prosiding DPNPM Unindra.

Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta..

Syukur, Fatah. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail Media.

Yusuf M.A., Nurzengky I., Kurniwati. 2018. Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Visipena 9 (1) : 218-235.

Diterbitkan
2019-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 662 times