PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KEANEKARAGAMAN HEWAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

  • Rahmatia Thahir Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Nurul Magfirah Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Anisa Anisa Universitas Muhammadiyah makassar
    (ID)

Abstrak

This development research focused on producing a practicum guide for Biology Education students on Animal Diversity based on Contextual Learning and Teaching. The study used a four-stage process model, which included define, design, develop, and disseminate. The result showed the Animal Diversity practicum guide based on Contextual Teaching and Learning obtained has an average validation value of 91.66% with very valid criteria. It indicated that this product is appropriate for use. The average value of the product was 89.11% which fulfills the practical criteria that mean the student can easily use it. Further research is needed to assess the effective value of the developed product.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Biologi
##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Biologi
##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Biologi

Referensi

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005/2208

Alexander, A., Rahayu, H. M., & Kurniawan, A. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 75–82. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12075

Angela, L., & Aprianto, R. (2018). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Madrasah Aliyah. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(2), 93. https://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5373

Anggun, D. P. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Pendekatan Sainstifik untuk Mahasiswa Jurusan Biologi. 5(2), 133–146. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i2.4359

Fadillah, N., Maulana, A., & Syahriani. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Lingkungan Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Pinrang. Jurnal Biotek, 7(2), 12–25. ttp://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/16845

Fajarianingtyas, D. A., & Hidayat, J. N. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Berorientasi Pemecahan Masalah Sebagai Sarana Berlatih Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Mahasiswa IPA Universitas Wiraraja. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 152–163. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15515

Firdaus, & Dewi, F. (2018). Components In Telecommunication Network Design and Optimization Course. International Journal of Chemistry Education Research, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol2.iss1.art5

Hadi, K. (2017). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. BIOnatural, 4(2), 42–52. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/192

Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451–460. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974

Haryono. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(1), 95–108. https://doi.org/10.21831/jk.v39i1.233

Indriyana, K. M., Pujani, N. M., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 116–126. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19379

Mastura, M., Mauliza, M., & Nurhafidhah, N. (2017). Desain Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Bahan Alam. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 203–212. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9695

Mislia, Qurbaniah, M., & Kahar, A. P. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Bioeducation, 4(1), 13–17. https://doi.org/10.29406/516

Purwanto. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmi, E. G., & Silvina, R. (2019). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) untuk Siswa SMPN Se Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Urnal Perspektif Pandidikan Dan Keguruan, 10(2), 1–6. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3929

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407

Sari, T., Hasnunidah, N., & Marpuang, R. (2018). Pengembangan buku penuntun praktikum energi dalam sistem kehidupan dengan model Argument Driven Inquiry (ADI). Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(1), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id

Subiantoro. (2009). Pentingnya Praktikum Dalam Pembelajaran IPA. In Makalah disampaikan pada kegiatan PPM MGMP IPA SMP kota Yogyakarta.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Kontekstual Dilengkapi dengan Mind Map pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Siswa SMA. Jurnal Bionatural, 4(1), 26–34. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/186

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunita, E., Wahyudi, & Rahayu, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis CTL Pada Materi Pokok Cahaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuripan. Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA: PRISMA SAINS, 2(1), 42–47. https://doi.org/10.29303/jpm.v7i1.88

Diterbitkan
2021-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 892 times