Desain E-Magazine Pada Mata Pelajaran Biologi Bermuatan High Order Thingking Skill (HOTS) Untuk Siswa SMA/MA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang e-magazine bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) untuk siswa SMA/MA. Membuktikan kelayakan produk yang di desain. Studi pengembangan ini mengikuti proses pengembangan ADDIE yang meliputi: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Pengujian alpha dengan partisipasi 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Pengujian beta produk skala kecil melibatkan 10 siswa kelas XII. Uji coba lapangan melibatkan 22 siswa kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil pengujian produk pada tahap alpha test menunjukkan e-magazine yang dirancang oleh profesional media memiliki skor rata-rata 3,55 kategori sangat positif, kemudian untuk ahli materi skor rata-rata 3,36 juga sangat baik. Hasil uji beta skala kecil menghasilkan rata-rata 3,56, berarti e-magazine ini dirancang untuk jenis yang sangat layak. Uji lapangan menghasilkan nilai rata-rata 3,6 kategori sangat positif. Hasil uji efektivitas siswa menunjukkan keefektifan dengan skor rata-rata 48 untuk tes pra media dan 80,73 untuk tes pasca media. Sedangkan uji lapangan menghasilkan rata-rata skor 3,6 kategori sangat layak. Skor N-gain yang didapat sebesar 0,629 dengan kriteria “Sedang”. Jadi e-magazine yang di desain ini terbukti layak dan efektif dalam proses pembelajaran siswa kelas XI SMA/MA.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2). http://dx.doi.org/10.22373/jid.v12i2.449.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Bedduside, N. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi Pada Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Biologi, 1(1). https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/15451.
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus No. 1, 1, 76–89. http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf.
Fatkhurrokhman, M., Leksono, S. M., Ramdan, S. D., & Rahman, I. N. (2018). Learning Strategies of Productive Lesson at Vocational High School in Serang City. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 163–172. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv.
Fuad, A., Karim, H., & Palennari, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII. Biology Teaching and Learning, 3(1). https://doi.org/10.35580/btl.v3i1.14298.
Hapsari, W. U., & Wijaya, L. S. (2015). Penggunaan Flip Book Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI TKJ Di SMK Pringsurat [Universitas Kristen Satya Wacana]. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/10736/1/T1_702011072_Abstract.pdf
Hayya, A. W. (2021). The Creative Thinking Skill of Biological Learning Students at Candi Baru High School. Journal Of Biology Education, 4(2), 164–176. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Hots. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Karwono, H. M. (2018). Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar Ed. Revisi. PT. RajaGrafindo Persada.
Mayer, R. E., & Anderson, R. B. (1992). The instructive animation: Helping students build connections between words and pictures in multimedia learning. Journal of Educational Psychology, 84(4), 444. https://psycnet.apa.org/buy/1993-15389-001.
Nomsoor, M. M., Bello, G., & Mohammed, S. M. (2021). Effects Of Gallery Walk Instructional Strategy On Senior School Students’ Achievement In Cell Division In Ilorin, Nigeria. Journal Of Biology Education, 4(2), 109–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i2.10816.
Nurjanah, J. R., Sukarmin, S., & Rahardjo, D. T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif E-magazine pada Materi Pokok Dinamika Rotasi untuk SMA Kelas XI. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1873.
Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Prenada Media.
Prihartiningsih, Zubaidah, S., & Kusairi, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 1054–1062. https://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Prihartiningsih-1053-1062.pdf.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2913/2434.
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Rodhi, M. Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/8083.
Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2021). Ragam Media Pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/47.
Rustaman, N. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Biologi FMIPA UPI.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Hardjito. (2014). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya (1st ed.). Rajawali Press.
Sangian, N. (2014). Rancang Bangun E-magazine Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Informatika, 4(1). https://doi.org/10.35793/jti.4.1.2014.7002.
Saputri, A. C., Rinanto, Y., & Prasetyanti, N. M. (2019). Improving Students’ Critical Thinking Skills in Cell-Metabolism Learning Using Stimulating Higher Order Thinking Skills Model. International Journal of Instruction, 12(1), 327–342. https://eric.ed.gov/?id=EJ1201357.
Setiawan, D. C., Ni’mah, F., & Karolina, W. (2021). Analysis of The Need for Development of E-module based on Interactive Media Learning in The Era of the Pandemic. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 6(02), 132–138. https://doi.org/10.33503/ebio.v6i02.1358
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. In Bandung: Alfabeta.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif (1st ed.). Graha Ilmu.
Tilaar, H. A. R. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Uno, H. B. (2008). Perencanaan Pembelajaran (4th ed.). Bumi Aksara.
Wibawa, S. C. (2017). The Design and Implementation of An Educational Multimedia Interactive Operation System Using Lectora Inspire. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 74–79. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16633.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.