Analisis Kualitas Lingkungan Belajar Berdasarkan Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi

  • Veni Wulandari Universitas Tanjungpura
    (ID)
  • Indri Astuti Universitas Tanjungpura
    (ID)
  • Afandi Universitas Tanjungpura
    (ID)
Kata Kunci: kualitas lingkungan belajar, persepsi siswa

Abstrak

Keberhasilan siswa dalam aspek pengetahuan dan keterampilan merupakan hal yang sangat diperlukan di abad ke-21. Dalam pembelajaran biologi kualitas lingkungan belajar menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada kualitas pembelajaran peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas lingkungan belajar pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Kayan Hilir berdasarkan persepsi siswa. Penelitian ini termasuk metode kuantitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal angket sebanyak 56 soal yang terdiri dari 7 indikator yaitu kekompakan siswa, dukungan guru, keterlibatan, penyelidikan/ investigasi pembelajaran, orientasi tugas, kerja sama dan ekuitas/ hak masing-masing siswa (Validitas >0,8 (kategori tinggi, V=1) dan Reliabilitas=0,914 ). Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 43 siswa di SMA Negeri 1 Kayan Hilir. Pengumpulan data yaitu melalui survey angket yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang selanjutnya dikonversi ke dalam skala likert. Melalui penelitian ini diperoleh hasil rata-rata kualitas lingkungan belajar di SMA Negeri 1 Kayan Hilir adalah 84,69. Hasil ini diperoleh dari rata-rata nilai pada setiap indikator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi siswa menyatakan bahwa kualitas lingkungan belajar dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Kayan Hilir sudah sangat baik (mean = 84,69).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amelia, Y., & Darussyamsu, R. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Bioilmi, 6(2), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6980

Anagün, Ş. S. (2018). Teachers’ perceptions about the relationship between 21st century skills and managing constructivist learning environments. International Journal of Instruction, 11(4), 825–840. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11452a

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo, P. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1650–1655. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10316

Bizimana, E., Mutangana, D., & Mwesigye, A. (2022). Students’ Perceptions of the Classroom Learning Environment and Engagement in Cooperative Mastery Learning-Based Biology Classroom Instruction. Education Research International, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/5793394

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Den Brok, P., Telli, S., Cakiroglu, J., Taconis, R., & Tekkaya, C. (2010). Learning environment profiles of Turkish secondary biology classrooms. Learning Environments Research, 13(3), 187–204. https://doi.org/10.1007/s10984-010-9076-5

Hamama, S. F., Hallaby, S. F., & Ramona, S. (2019). Analisis Persepsi Siswa Berdasarkan Gender Terhadap Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.3061/dedikasi.v3i1.113

Harjali, Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Dwiyogo, W. D. (2017). Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(1), 010–019. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10147/4835

Hartanti, Y. S., & Harini, E. (2016). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3), 397–404. https://doi.org/10.30738/.v4i3.433

Pahriji, I. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi. Jurnal Citra Pendidikan, 1(3), 380–387. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/286

Pebriwati, W., & Farida, B. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri I Maluku Tengah. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 42. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.845

Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1568–1577. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/621

Pratiwi., A., Suarjana, E., & Tanggu Renda, N. (2019). Korelasi Antara Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 130. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17391

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p61

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media Pembelajaran, Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13598

Sholihah, A. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%25p

Su Ling, L., Vincent, P., & Lajium, D. (2020). Evaluation of Students’ Perception of Biology Classroom Learning Environment. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(36), 94–113. https://doi.org/10.35631/ijepc.536007

Syarif, M. N., Wahyuni, N., & Wirda, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. 10(1), 102–116. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jb.v10i1.29297

Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal PenSil, 9(3), 165–171. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16674

Utami, S. A., Hendri, M., & Darmaji. (2017). Hubungan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI MIA SMA Negeri Muaro Jambi. EduFisika, 02(02), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i02.4544

Van der Lans, Van de Grift, & V. V. (2015). Developing a teacher evaluation instrument to provide formative feedback using student ratings of teaching acts. Educational Measurement: Issues and Practice, 18–27. https://eric.ed.gov/?id=EJ1074153

Yarmayani, A., & Afrila, D. (2018). Analisis Faktor Lingkungan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 135. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.95

Yasin, J. H. M., No, L., Gowa, K., Selatan, S., Ilmu, F., & Iain, K. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA di Kota Sukabumi. 7(1), 48–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24252/jb.v8i1.13374

Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 383 times