PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISTEM KOORDINASI PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 BANTAENG

  • Melli Fitriani DIII Analis Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Timur Makassar
    (ID)

Abstrak

The study aims at examining the influence of problem based learning models to student’s motivation. The study was a quasy experiment. The population of the study was the entire class of grade XI IPA of second semester at SMAN 2 in Bantaeng district of academic year 2016/2017. Data were taken by employing random sampling. Data were obtained by employing of Quesioner for student Motivation. Data were analyzed by using descriptive and inferential analyzes. The result of the study reveals that Problem Based Learning Model was’nt influenced to student motivation significansi 0,371 > 0,05, 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahastya

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rinika Cipta

Fathurrahman, Pupuh dan Sobry Sutikno. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Isi. Bandung: PT Refika Aditama

Mutoharoh. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. UIN Syarif Hidayatullah: Faakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Ni Made Suci. (2008). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Lembaga Penelitian Undiksha: Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Undiksha Dalam jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (1), 74-86

Nugraheni, Fitri. (2011). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasisw (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK). Jurnal Penelitian Universitas Muri Kudus

Pradnyana, dkk. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivsi Belajar dan Pretasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Dalam e-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013)

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sahabuddin. (2007). Mengajar dan Belajar Dua Aspek dri Suatu Proses yang Disebut Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

-----------(2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Kencana

Uno, Hamzah B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Diterbitkan
2017-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1456 times