Pengembangan Modul Ajar Materi Perubahan Lingkungan Tema Sampah Plastik

  • Anisa Solehah Nurwendah Universitas Cipasung Tasikmalaya
    (ID)
  • Yayan Sanjaya Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
  • Mimin Nurjhani Kusumastuti Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: metode ADDIE, socio scientific issue, nilai religi

Abstrak

Modul ajar merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran. Modul ajar yang baik harus sesuai dengan tuntutan kurikulum dan berdasarkan kebutuhan dan situasi nyata yang dialami murid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran dengan materi perubahan lingkungan tema sampah plastik yang valid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi metode ADDIE. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini yaitu (1)  lembar validasi yang diberikan kepada dosen Biologi, dosen Agama serta layouter dan (2) lembar angket guru dan siswa. Data penelitian yang diperoleh berupa data kuantitatif dari hasil lembar validasi dan hasil angket guru dan siswa.  Parameter yang dipakai untuk menguji validitas modul ajar yaitu Aiken’s V. Hasil skor  Aiken’s V modul ajar adalah 0,67 (valid) dengan hasil skor rata-rata respon  siswa dan guru adalah 87 (sangat baik). Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa modul ajar sudah valid dengan tanggapan sangat baik dari guru dan siswa sehingga modul ajar ini dapat digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran Biologi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Pendidikan Biologi Fakulas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Referensi

Aggleton, J. (2019). Defining digital comics: a British Library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics, 10(4), 393–409. https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1503189

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings, educational and psychological measurement. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. ari, & Kanzunnudin., M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 145–150. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Burek, K. J. (2012). The Impact of Socioscientific Issues Based Curriculum Involving Environmental Outdoor Education for Fourth Grade Students. ProQuest LLC.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Pustaka Setia.

Dick, W., Carey, L. & Carey, J. . (1996). The Systematic Design of Instruction.

DitPSMA, D. P. S. M. A. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Direktorat Pembinaan SMA.

Farah Nadia Azman, Syamsul Bahrin Zaibon, & Norshuhada Shiratuddin. (2014). Exploring Digital Comics as an Edutainment Tool: An Overview. Knowledge Management International Conference (KMICe), 12(15), 589–594. https://www.semanticscholar.org/paper/Exploring-Digital-Comics-as-an-Edutainment-Tool%3A-An-Azman-Zaibon/9645a9c845ec2871017ba7ae1fce98c8e7716c61?utm_source=direct_link

Graves, S. B., & Waddock, S. A. (1993). Institutional Owners and Corporate Social Performance. Proceedings of the International Association for Business and Society, 4(4), 1101–1112. https://doi.org/10.5840/iabsproc1993493

Gresch, H., Hasselhorn, M., & Bögeholz, S. (2017). Enhancing Decision-Making in STSE Education by Inducing Reflection and Self-Regulated Learning. Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-015-9491-9

Hala, Y. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Konsep Ekosistem Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3), 85–96. https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1825

Holbrook, J., Laius, A., & Rannikmäe, M. (2003). The Influence of Social Issue-Based Science Teaching Materials On Students’ Creativity. University of Tartu Estonian Ministery of Education.

Hornstra, L., Denessen, E., Bakker, J., van den Bergh, L., & Voeten, M. (2010). Teacher Attitudes Toward Dyslexia: Effects on Teacher Expectations and the Academic Achievement of Students with Dyslexia. Journal of Learning Disabilities, 43(6), 515–529. https://doi.org/10.1177/0022219409355479

Istiana, R., & Herawatia, D. (2019). Student Argumentation Skill Analysis Of Socioscientific Issues In Solving Environmental Problems. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies), 3(1), 22–26. https://doi.org/10.33751/jhss.v3i1.1096

Jamilah, J., Ahmad Najib, A., Dzulkhairi, M. R., Ariff, H. O., & Nasri Ismail, N. M. (2014). Integration of Islamic input in medical curriculum - Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) experience. International Medical Journal Malaysia, 13(2), 73–77. https://doi.org/https://doi.org/10.31436/imjm.v13i2.483

Kusdiningsih, Zakia, E., Abdurrahman, & Jalmo, T. (2019). Penerapan LKPD Berbasis Kemampuan Argumentasi-SWH Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Tertulis Dan Literasi Sains Siswa. Tjyybjb.Ac.Cn, 3(2252), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Lubis, M. A., Mustapha, R., & Lampoh, A. A. (2009). Integrated islamic education in Brunei Darussalam: philosophical issues and challenges. JIAE: Journal of Islamic and Arabic Education, 1(2), 51–60. https://www.researchgate.net/publication/260286399_Integrated_Islamic_Education_in_Brunei_Darussalam_Philosophical_Issues_and_Challenges

Mohd Amin, R., Yusof, S. A., & Haneef, M. A. (2010). The effectiveness of an integrated curriculum: The case of the International Islamic University Malaysia. In 8th International Conference on Islamic Economics and Finance.

Mulyani, S. S. (2013). Analisis kedalaman dan keluasan materi pada buku teks biologi smp dan sma mengenai sistem pencernaan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162

Nguyen, N. Van, Rigaud, C., & Burie, J. C. (2018). Digital comics image indexing based on deep learning. Journal of Imaging, 4(7). https://doi.org/10.3390/jimaging4070089

Nuangchalerm, P. (2010). Engaging students to perceive nature of science through socioscientific issues-based instruction. European Journal of Social Sciences, 13(1), 34–37. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED508531

Nurjanah, E. (2018). Penyusunan Bahan Ajar Terintegrasi Nilai Religi Pada Sistem Pencernaan Manusia Sebagai Upaya Meningkatkan Sikap Dan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Osborne, J., Erduran, S., & Simon, S. (2004). Enhancing the quality of argumentation in school science. Journal of Research in Science Teaching. https://doi.org/10.1002/tea.20035

Othman, M. Y. H. (2014). Islamic science (Tawhidic): Toward sustainable development *. Kyoto Bulletin of Islamic Area Studies, 7, 110–123. https://www.asafas.kyoto-u.ac.jp/kias/pdf/kb7/10ea1_Yusof Hj Othman.pdf

Purwanti Widhy H, Sabar Nurohman, W. S. W. (2013). Model Integrated Science Berbasis Socio Scientific Issues untuk Mengembangkan Thinking Skills dalam Mewujudkan 21st Century Skills. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 158–164. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2484

Purwanto. (2009). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Qostantia, L. N. (2017). Bahan Ajar Menulis Cerita Fabel Dengan. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 2(3), 377–384. https://doi.org/DOI: 10.17977/jptpp.v2i3.8635

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814

Sadler, T. D. (2004). Informal reasoning regarding socioscientific issues: A critical review of research. Journal of Research in Science Teaching, 41(5), 513–536. https://doi.org/10.1002/tea.20009

Sistyarini, Diana Ika & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference, 581–584. https://www.researchgate.net/publication/343636474_Analisis_Validitas_terhadap_Pengembangan_Handout_Berbasis_Masalah_pada_Materi_Pencemaran_Lingkungan_Kelas_VII_SMPMTS_Analysis_of_The_Validity_of_the_Development_of_Problem_Based_Handout_on_Environment

Suhartini, E., Putri, R., & Haerani, R. (2023). Bahan Ajar Konsep Dasar IPA Berbasis STEM Berkonteks Socio- Scientific Issues ( SSI ) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/54316

Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304–9314. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037

Venville, G. J., & Dawson, V. M. (2010). The impact of a classroom intervention on grade 10 students’ argumentation skills, informal reasoning, and conceptual understanding of science. Journal of Research in Science Teaching, n/a-n/a. https://doi.org/10.1002/tea.20358

Wilsa, A. W., Susilowati, S. M. E., & Rahayu, E. S. (2017). Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 129–137. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Zeidler, D., Sadler, T., Simmons, M., & Howes, E. (2005). Beyond STS: A research-based framework for socioscientific issues education. Science Education, 89, 357–377. https://doi.org/10.1002/sce.20048

Zo’bi, A. S. (2014). The effect of using socio-scientific issues approach in teaching environmental issues on improving the students’ ability of making appropriate decisions towards these issues. International Education Studies, 7(8), 113–123. https://doi.org/10.5539/ies.v7n8p113

Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 272 times