IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELEJARAN IPA DI SMPN XY KOTA MALANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di SMPN XY Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi metode. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman untuk selanjutnya diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendidikan karakter sudah diimplementasikan dalam pembelajaran IPA di SMPN XY Kota Malang, Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA dilakukan melalui a) mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah dengan cara guru melakukan analisis KD melalui identifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam materi pembelajaran IPA dan guru mendesain RPP mata pelajaran IPA yang memuat fokus pendidikan karakter, b) melalui pilihan dan penggunan metode pembelajaran untuk mengembangkan karakter peserta didik, hal tersebut dapat dilihat dalam proses belajar mengajar guru selalu menciptakan suasana belajar dengan langkah kegiatan mulai dari merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan, c) melalui pengelolaan kelas, guru membentuk kelas menjadi kelompok untuk menumbuhkan sikap kerjasama dan toleransi antar teman sebaya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Achmad, S. (2016). Pendidikan karakter dan kemajuan negara studi perbandingan lintas negara. Jurnal of Islamic Education Studies, 1(1), 185-204.
Amri, S. (2012). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Asmani, J. A. (2012). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Budiharjo. (2015). Pendidikan karakter bangsa (Membengun karakter bangsa). Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Heri, G. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.
Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
Husamah, H. (2015). Thinking skills for environmental sustainability perspective of new students of biology education department through blended project based learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 110-119.
Husamah, H., Pantiwati, Y., Restian, A. & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan pembelajaran. Malang: UMM Press.
Hudha, A. M., Ekowati, D. W. & Husamah. (2014a). Character education model in mathematics and natural sciences learning at Muhammadiyah junior high school. International Journal of Education, Learning & Development (IJELD), 2(4), 33-47.
Hudha, A. M., Ekowati, D. W. & Husamah. (2014b). Model pembelajaran pendidikan karakter terintegrasi pada bidang studi biologi untuk meningkatkan jatidiri siswa. In Makalah Seminar Nasional Pendidikan SMK Negeri 13 Malang.
Kadir, F. (2014). Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 16-36.
Kamal, R. (2012). Pendidikan Nilai Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 1. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Kusniati. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204-210.
Kemendiknas (Kementerian Pendidikan Nasional). (2010). Pendidikan karakter di sekolah menengah pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). (2016). Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Koesoema, D. (2011). Pendidikan karakter strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: PT Gramedia.
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014.
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016.
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014.
Malawi, A. (2013). Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran dalam mata pelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(1), 160-169.
Muslim. (2013). Pengaruh pelaksanaan pendidikan karakter pada pelajaran sejarah terhadap sikap nasionalisme siswa kelas XI MA Al Asror Semarang tahun ajaran 2012/1013. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Semarang.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ningsih, I. P. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN Godean Yogyakarta. (Skripsi tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nugroho, E. D., Vlorensius, V., Rasidah, L. H. & Anisa, N. (2017). the content analysis, material presentation, and readability of curriculum 2013 science textbook for 1st semester of junior high school 7th grade. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(2), 114-122.
Sahlan, A. (2012). Desain pembelajaran berbasis pendidikan karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Setiawan, R. & Qomariyah, I. N. (2016). Analyze of implementation character education policy base to SMKN 5 Malang Student’s. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(2), 147-152.
Siregar, I. Y. Susilo, H. & Suwono, H. (2017). The effect of think-pair-share-write based on hybrid learning on metakognitive skills, creative thinking and cognitive learning at SMA Negeri 3 Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(2), 183-193.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Subhi, M. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMPN 1 Purwosari. (Skripsi tidak dipublikasikan). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Undang-undang Rebuplik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wibowo, T. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul (Tesis tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Wilujeng, I. (2012). Pendidikan karakter dalam pembalajaran IPA (Sains). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Setyaningrum, Y. & Husamah, H. (2011). Optimalisasi penerapan pendidikan karakter di sekolah menengah berbasis keterampilan proses: sebuah perspektif guru IPA-biologi. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, 1(1), 69-81.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.