PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA TEKNIK PEER ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MA MADANI ALAUDDIN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penilaian kinerja teknik peer assessment pada pembelajaran biologi kelas XI yang memenuhi kriteria valid, reliabel dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan di bidang pendidikan yang dikenal dengan Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi model 3-D, yakni define (pendefinisian), design (perancangan) dan develope (pengembangan). Subjek uji dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon guru dan angket respon siswa. Analisa penelitian dengan menggunakan analisa data deskriptif-kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk penilaian kinerja teknik peer assessment dengan 10 aspek/kinerja yang dinilai. Produk yang dihasilkan memenuhi kategori sangat valid dengan nilai 3,53, tingkat konsistensi atau reliabilitas sangat tinggi dengan nilai 0.87 dengan persentase kepraktisan 82.5% responden yang memberikan respon positif.##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, Ahmad (2014). Pengembangan Perangkat Asesmen Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek (Online),Vol.1,No.1(http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1686 , diakses 09 November 2016).
Al Mubin. (2007). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Revisi Terbaru. Semarang: CV. Asy- Syifa’, 2007.
Anggereni, Santih. (2014). Mengembangkan Asesmen Kinerja Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium. Makassar: Alauddin University Press.
Arikunto, Suharsimin. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.
Irawan, Soehartono. (2008). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ivanty, Dian Wahyu Nur, dkk. (2013). “Penyusunan Instrumen Tes Tengah Semester Genap Fisika X SMA untuk Kelas X SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika, vol.1no.1(http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/download/1789/1diakses 9 November 2016).
Ivanty, Dian Wahyu Nur, dkk. (2013). “Penyusunan Instrumen Tes Tengah Semester Genap Fisika X SMA untuk Kelas X SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika, vol.1 no.1 (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/download/1789/1282, diakses 9 November 2016).
Lestari. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum pada Materi Struktur Jaringan pada Tumbuhan Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Makassar.” Skripsi. Makassar: FTK UINAM.
Mania, Sitti. (2014). Asesmen Autentik untuk Pembelajaran Aktif dan Kreatif Implementasi Kurikulum 2013. Makassar: Alauddin University Press.
Misbahuddin dan Iqbal hasan. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Misykat Malik Ibrahim. (2012). Pengembangan Pengukuran Non-Tes Bidang Pendidikan. Makassar: UIN Press.
Nursalam. (2012). Pengukuran dalam Pendidikan. Makassar: Alauddin University Press.
Presiden Republik Indonesia. (2015). “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,” Jakarta: Kementrian Sekretariat Negara RI.
Rafiqah. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme. Makassar: Alauddin University Press. Setyosari, H. Punaji. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setyosari, H. Punaji. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudjana, Nana. (2003). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Edisi 1. Jakarta: PT Sinar Baru Al-Gasindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R & D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syahrul. (2009). “Keefektifan Penerapan Model Asesmen Autentik Terintegrasi dalam Pembelajaran Praktikum pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT- Universitas Negeri Makassar.” Jurnal Medtek, Vo.1 No.2 (http://ft-unm.net/medtek/Jurnal%20Medtek%20Vo.%201...2.../SYAHRUL.pdf , diakses 4 September 2016).
Tim Penyusun. (2013). Modul Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Bimbingan dan Konseling. Makassar: Alauddin University Press.
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B dan Nina Lamatenggo. (2014). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yusuf, A. Muri. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yusuf, Syamsu dan Nani M. Sugandhi. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.