IDENTIFIKASI KEUNGGULAN KOMPETITIF JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR DIPANDANG DARI SEGI ALUMNI

  • Jamilah Jamilah Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahriani Syahriani Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Identifikasi Keunggulan Kompetitif Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Dipandang dari Segi Alumni. Rumusan masalah penelitian ini adalah megetahui keunggulan kompetitif jurusan yang dapat menjadi nilai lebih jurusan untuk mempromosikan diri dipandang dari sudut alumni. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menemukan keunggulan kompetitif jurusan yang dapat menjadi nilai lebih jurusan untuk mempromosikan diri dipandang dari sudut alumni. Subyek penelitian adalah alumni dan pengguna lulusan dan data diperoleh dengan cara membagi kuesioner kepada para responden melalui penyebaran kuesioner (langsung kepada para responden, secara e-kuesioner baik melalui email dan media sosial khusus alumni). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif statistik. Hasil analisis data menunjukkan  keterserapan kerja alumni yang berada pada persentase 81% dengan masa tunggu tidak lebih dari 6 bulan dan keunggulan kompetitif dipandang dari sudut alumni meliputi;  pengetahuan tentang aspek ilmu pendidikan biologi yang ditingkatkan oleh Jurusan Pendidikan Biologi dengan persentase sebesar 59,25% (sangat setuju), kemampuan untuk berpikir secara komprehensip dan inter/multidisipliner dengan persentase sebesar 62,96% (setuju). Kemampuan dalam bekerjasama dengan tim menjawab dengan persentase sebesar 51,85%(setuju), kemampuan dalam berkomunikasi  menjawab dengan persentase sebesar 55,55% (setuju) , memecahkan masalah dalam pekerjaaan menjawab dengan persentase sebesar 70,37% (setuju) , interaksi dengan civitas akademika selama menempuh studi di UINAM telah memberikan kesempatan untuk membangun jejaring (network) yang bermamfaat untuk pekerjaan dengan persentase sebesar 70,37% (setuju). Tanggapan alumni terhadap   materi kuliah, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama studi bermanfaat dalam pekerjaan saat ini dijawab dengan persentase sebesar 59,26% (setuju), kelulusan dari jurusan pendidikan biologi telah berdampak nyata pada peningkatan karier di tempat kerja dengan persentase sebesar 33,33% (sangat setuju) dan menjawab setuju dengan persentase sebesar 55,55% (setuju).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan Biologi  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan Biologi  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Referensi

Hamzah B, Uno. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E, DR. (2006). Kurikulum yang Disempurnakan.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. (2003). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan
2017-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 288 times