PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPA POKOK BAHASAN SEL SMA NEGERI 2 PAREPARE

  • Amri Amri Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Nursida Nursida Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI.IPA4 SMA Negeri 2 Parepare sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran learning cycle pada pokok bahasan sel dan perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa kelas XI.IPA4 SMA Negeri 2 Parepare sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran learning cycle pada pokok bahasan sel. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPA4 SMA Negeri 2 Parepare semester gazal tahun pelajaran 2017/2018 dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling diambil satu kelas secara acak untuk diberi perlakuan dan kelas yang terpilih adalah kelas XI.IPA4 yang berjumlah 34 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi aktivitas siswa, dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan angket motivasi belajar biologi dikumpulkan dengan menggunakan lembar angket. Penelitian dilaksanakan dengan melalui tahapan persiapan dan pelaksanaan. Teknik analisis data digunakan dua jenis analisis yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, model pembelajaran learning cycle berpengaruh dalam pembelajaran biologi pokok bahasan sel pada siswa kelas XI.IPA4 SMA Negeri 2 Parepare. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) Motivasi belajar biologi siswa kelas sebelum penggunaan model pembelajaran learning cycle diperoleh rata-rata angket awal adalah 56,38 dengan kategori “Cukup”. (2) Motivasi belajar biologi siswa setelah penggunaan model pembelajaran learning cycle diperoleh rata-rata angket akhir adalah 72,06 dengan kategori “Baik”. (3) Terdapat perbedaan motivasi belajar biologi siswa kelas XI.IPA4 SMA Negeri 2 Parepare sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran learning cycle pada pokok bahasan sel dengan nilai Sig < α (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare
##submission.authorWithAffiliation##
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare

Referensi

Adair. (2007). Pemimpin yang Berpusat pada Tindakan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Aksela. (2005). Supporting Meaningful Chemistry Learning and Higher-order Thingking Through Computer-assisted Inquiry: a Design Research Aproach. Disertation: Faculty of Science University of Helsinky. Helsinky.

Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dwi. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 6e (Lc-6e) dengan Penugasan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Skripsi tidak diterbitkan Universitas Negeri Malang.

Eggen. (2012). Strategi and Models For Teacher: Teaching Content and Thinking Skills (Edisi Terjemahan). New Jersey: Prentice Hall.

Fajaroh, F & Dasna, I.W. (2003). Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Adiktif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang-Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 11 (2) : 112-122.

Kunandar. (2010). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lorsbach. (2011). The Learning Cycle as a Tool for Planning Science Intruction. Illionis State University.

Makkawari, A., Muchlisah., Damayanti, E. (2017). Pengaruh Teknik Reinforcement terhadap Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Biotek, Vol 5, No 1, hal 182-193 (Online, http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3457, diakses pada 1 November 2017)

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Jogjakarta: Aswaja Pressindo.

Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Parepare. (2017). Buku Panduan Penulisan Skripsi. Universitas Muhammadiyah Parepare.

Ruhimat. (2013). Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Santoso. (2005). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sasrawan, Hedi. (2013). Sel (Materi Ringkasan Biologi SMA XI IPA) https: //hedisasrawan.blogspot.co.id/2013/07/sel-materi-ringkasan-biologi-sma-xi-ipa.html.

Siregar, E. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudjana. N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo.

Uno, H B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Utami. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di SMA Teuku Semarang. Skripsi tidak diterbitkan Universitas Negeri Semarang.

Waruwu, F. (2006). Belajar dan Motivasi Bagaimana Mengembangkan Motivasi Internal. Jurnal Provitae 2 (2) : 21-26.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Pranamedia Group.

Yulianti. (2015). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle. Skripsi tidak diterbitkan Universitas Tanjung Pura. Pontianak.

Diterbitkan
2017-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1099 times