PERBANDINGAN MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DENGAN TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA SMA NEGERI 16 BULUKUMBA

  • Nelly Ariska Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Maulana Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahyuni Ismail Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar biologi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square pada kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bulukumba. 2) Mengetahui hasil belajar biologi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bulukumba 3) Mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dengan Tipe Scramble pada kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bulukumba. Penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Adapun sampel penelitian yaitu kelas XI IPA1 sebanyak 20 peserta didik dan kelas XI IPA2 juga sebanyak 20 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel acak bertingkat (Multi-Strage Random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t digunakan untuk menganalisis data.  Mengikut hasil analisis statistik deskriptif maka diperoleh nilai rata-rata yaitu kelompok eksperimen1 yang diajar dengan model pembelajaran Word Square sebesar 76,8. Pada kelompok kelas eksperimen2 yang diajar  menggunakan model pembelajaran Scramble sebesar 69,45. Manakala berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t diperoleh nilai sign sebesar 0,039 yang lebih kecil dari pada α sebesar 0,05 (sign<α). Jadi dapat dikatakan bahwa H0 ditolak. Oleh itu terdapat perbedaan signifikan hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Word Square dengan Scramble terhadap hasil belajar biologi peserta didik dikelas XI IPA SMA Negeri 16 Bulukumba.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

##submission.authorWithAffiliation##

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

##submission.authorWithAffiliation##

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Referensi

Ayu Sri Vidya Artini, dkk. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompian Sujana”. E journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2, No. 1.

Djamarah Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriana, Ayu. (2011). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 kota Semarang”. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar. Vol. 1, No. 2: 151-161.

Gunawan. (2015). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Word Square (WS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Karniasih, Imas dan Berlin Sani. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Cet. Keempat. Jakarta: Kata Pena.

Huda, Miftahul. (2011). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Cet. II. Malang: Pustaka Pelajar.

Isjoni., Mohd Arif Ismail. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuryani, R. (2013). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Noviana, Sri Wina dan Akmil Fuadi Rahman. (2013). “Efektivitas Model Pembelajaran Word Square dengan Bantuan Alat Peraga dan Materi Geometri”. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1. No. 1: 90-95

Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Inovasi Pembelajaran. Cet. III ; Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A.M., (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. X. Jakarta: PT Remaja Gravindo Persada.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet. Tiga belas ; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. (2014). Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Cet. XIII ; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan. Cet.ke-18. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. (2008). Model Pembelajaran. Cet III; Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, Annisa Karlina dan Abdinyah. (2015). “Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square”. Vol. 1, No. 1.

Wahyuni Ismail. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Tahun Akademik 2014/2015). Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 20 (1), 54-69. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/3853/3672 .

Wahyuni Ismail, Mostafa Kamal Mokhtar, Nasrudin Subhi, Fauziah Ibrahim. (2016). Pengaruh Resilience Terhadap Penyalahgunaan Dadah. Prosiding Seminar Indonesia - Malaysia: Menumbuhkan Kerjasama dalam Pendidikan dan Penelitian. repositori.uin-alauddin.ac.id/4310/1/Prosiding%202016.pdf

Diterbitkan
2017-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 540 times