Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Flashcard Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMPN 22 Pontianak pada materi klasifikasi makhluk hidup melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan flashcard. Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus meliputi empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data melibatkan penggunaan tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memfokuskan pada analisis perubahan dalam pemahaman siswa melalui penerapan strategi pembelajaran yang aktif dan interaktif menggunakan flashcard. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa; pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar adalah 81.25%, yang meningkat menjadi 87.50% pada siklus II. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan flashcard tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar tetapi juga secara efektif memperkuat pemahaman mereka tentang materi klasifikasi makhluk hidup. Temuan ini menyarankan bahwa integrasi metode kooperatif dengan alat bantu visual seperti flashcard dapat dijadikan sebagai strategi pedagogis yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, S., Suhardjono. & Supardi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22, DOI: 10.36835/au.v3i1.475.
Damayanti, E. (2016). Pengembangan Media Visual Flash Card pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Sainsmat, 5(2), 175–182.
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/302
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574.
Maryanto, R.I.P.(2019). Penggunaan Media Flascard untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah ABC Manado. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Ningsih, K, D., Taman,S.B.S., & Flash, K. (2021). Pengembangan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN Donggo Kata kunci. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 4). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103.
Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Curere, 4(1), 33-42, DOI: 10.36764/jc.v4i1.333.
Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi (2018). Profil Kemampuan Literasi Kuantitatif Calon Guru Matematika. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 63-74, DOI: 10.30870/jppm.v11i1.2985.
Umainingsih, M.B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Memori Untuk Meningkatkan Daya Ingat Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Pada Siswa Kelas III SD Gugus II Kecamatan Ipuh). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2). 87-97. file:///C:/Users/ADVAN/Downloads/3687-Article%20Text-4386-6592-10-20180106.pdf
Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), 39-58. DOI: https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v6i1.1467
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.