PENGEMBANGAN BAHAN AJAR RIDDLE STORY BOOK MATERI SISTEM RANGKA MANUSIA KELAS XI SMU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar berbasis riddle story. Dilatarbelakangi oleh hasil penelitian awal yang menunjukkan bahwa buku paket kurang menarik dan membuat siswa bosan menggunakannya dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau researh and development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti dan menghasilkan produk tertentu serta menguji efektifitas penggunaan produk tersebut untuk mencapai tujuan. Proses penelitiannya berusaha mendapatkan gambaran tentang bahan bejar yang digunakan siswa dan pengembangannya mengacu pada model pengembangan 4D yang dikolaborasikan dengan model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu tahap pendefenisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Penelitian ini focus kepada deskripsi kebutuhan siswa terhadap bahan ajar, proses pengembangan dan keefektifan bahan ajar dalam mengantar siswa menguasai kompetensinya. Data hasil penelitian ini dianalisis secara kualitatif untuk menguji bahan ajar ini sehingga memenuhi kriteria layak pakai.##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Asrijal. 2016. Biologi Umum. Makassar: Alauddin University.
Atmazaki. 2003. “Teka-teki dalam Bahasa Minangkabau, suatu Tinjauan Psikolinguistik.” Bahtera, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,Vol.2 No.3, Januari. Padang: Universitas Negeri Padang.
Brunvand, Jan Harold. 1998. The Study of American Folklore: An Introduction. Norton.
Danandjaja, James. 1984. Folklor Indonesia; Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain. Jakarta: Grafiti Pers.
Fitriany, Rizka Ayu Mei dan Herawati Susilo. 2013. ”Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi dan Cara Pemecahannya dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bagi Guru Kelas X SMA Negeri Se-Kota Lamongan.” Skripsi Tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang.
Hamidy, U. U. 1995. Kamus Antropologi Dialek Melayu Rantau Kuantan, Riau. Riau: Unri Press.
Jordan-Smith, Paul. 2004. “Riddles: Perspectives on the Use, Function, and Change in a Folklore Genre.” Journal of American Folklore; 117, 464. Amerika: Arts & Humanities Database.
Mustafa, Fahim. Agar Anak Anda Gemar Membaca. Jakarta: Hikmah Kelompok Mizan
Ningsih, Ayu Gustia, Atmazaki dan R., Syahrul. 2013. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Teka-Teki Siswa Kelas X MAS-TI Tabek Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota.” Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Volume 1 Nomor 3, Oktober. Padang: Universitas Negeri Padang.
Noss, Philip A. 2006. “Gabaya Riddles in Changing Times.” Research in African Literatures; 37. 2. Amerika: Arts & Humanities Database.
Schiller, Pam. 2005. 20 Tips Start Smart Memompa Kecerdasan Sejak Dini. Terj. Damaring Tiyas W. Jakarta: Erlangga.
Suartika, K., I. B. Arnyana, dan G A. Setiawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA.” E-Journal Program
Sutopo, Ariesto Hadi dan Adrianus Arief. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tarigan, Henry Guntur. 2007. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thompson, George. 1999. “Riddles and Enigmas.” Journal of the American Oriental Society; 199, 2. Amerika: Arts & Humanities Database.
Wahyudi, Benny Satria, Hariyadi, Slamet dan Hariani, Sulifah Aprilya. 2014. ”Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso.” Pancaran, Vol. 3, No. 3, Agustus. Jember: Universitas Jember
Yusuf T,, M., Muhammad Rusydi Rasyid, M. Rapi. “Efisiensi Pembelajaran PAI melalui Kegiatan Perbaikan Kinerja Berkelanjutan pada Kelompok Kegiatan Guru PAI Kecamatan Rappocini Kota Makassar” Al-Qalam, Vol. 23 No. 2 (2016), h. 248 – 254, Kementerian Agama, Balai Penelitian dan Pengembangan Keagamaan Makassar.
Yusuf T., M. Teori Belajar dalam Praktek (Makassar, Alauddin Press, 2013).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.