Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Lapangan Berbasis Jigsaw Sebagai Sumber Belajar Identifikasi Vertebrata
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan buku petunjuk praktikum lapangan berbasis Jigsaw sebagai sumber belajar identifikasi vertebrata. Produk buku penuntun praktikum lapangan, mengadopsi penelitian pengembangan model Borg dan Gall. Tahapan penelitian dimulai dari studi pendahuluan hingga ke proses tahapan uji coba lapangan. Berdasarkan penilaian dari 2 validator didapatkan skor rata-rata 4,68 termasuk dalam kategori sangat baik. Penerapan uji coba terbatas yang peneliti lakukan terhadap 10 orang mahasiswa yang memiliki kriteria yang berbeda-beda. Adapun uji coba terbatas yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil persentase rata-rata secara berurutan yaitu 84% (kemampuan tinggi), 79% (kemampuan sedang) dan 77% (kemampuan rendah). Uji coba lapangan diterapkan dengan memakai 1 kelas dengan the one group pre-test dan post-test design. Peneliti memakai SPSS 23 dalam menganalisis data menggunakan rumus uji beda satu sampel uji paired-T. Hasil analisis uji lapangan menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 dengan demikian lebih rendah dari 0,05. Dapat disimpulkan, bahwa nilai mahasiswa baik pretest maupun posttest sangat berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pedoman praktikum lapangan yang dibuat oleh peneliti valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alexander, A., Rahayu, H. M., & Kurniawan, A. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 75–82. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12075
Ardli, I., Abdullah, A. G., & Mujdalipah, S. (2012). Pembelajaran Teknik Pemeliharaan Ikan. Invotec, 147–166. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1276/perangkat-penilaian-kinerja-untuk-pembelajaran-teknik-pemeliharaan-ikan.html
Arif, W. P., & Maya, S. (2019). Pengembangan penuntun praktikum fisiologi tumbuhan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Jurnal Biotek, 7(2), 69–82. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/10365
Auliya, M., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan E-Modul Materi Pisces Kelas X SMA/MA dengan Konteks Potensi Pesisir Jembrana. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.59
Azizah, N., Niam, F., & Prastowo A.Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Materi Benda Di Sekitar Kelas 3 Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar. Patria Educational Journal (PEJ), 2(1), 60-69. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/pej/article/view/96/240
Borg, W., & Gall, M. (1983). Educational Research: An Introduction 4th edition Longman Inc. New York.
Fajarianingtyas, D.A & Hidayat, J.N. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Beriorientasi Pemecahan Masalah Sebagai Sarana Berlatih Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Mahasiswa IPA Universitas Wiraraja. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8 (2), 152-163. https:/jurnal.usk.ac.id/JPSI/article/view/15515
Fitriani, V. (2019). Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Panduan Praktikum IPA Berbasis Problem Based Learning. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 2(1), 10–15. https://doi.org/10.30631/jemst.v2i1.14
Istigfaroh, L., Susanti, E., & Ambarwati, R. (2015). Pengembangan Buku Identifikasi Aves Koleksi Kebun Binatang Surabaya Sebagai Sumber Belajar Untuk Sma Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(3), 963–967. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Kamriana, K., & Nasrianty, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Biologi STKIP PI Makassar. Saintifik, 5(1), 20–26. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.194
Madani, S., Lestari, T.A., & Handayani, B.S. (2024). Pengembangan Modul Praktikum Lapangan Berbasis Virtual Life Pada Materi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Untuk Siswa Kelas X Sma. 4(2), 1–23
Magdalena, I., Prabandani, R.O., & Rini, E.S. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 180-187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/805.
Maisyaroh, S., & Dewi, R. F. (2022). Pengembangan Katalog Keanekaragaman Serangga pada Tanaman Cabai di Desa Sindetlami Sebagai Sumber Belajar. Bioeduca : Journal of Biology Education, 4(1), 36–44. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i1.10746
Musthofa, I., Ali, R. N., & Pamungkas, K. T. (2021). Panduan Lapangan Herpetofauna (Amfibi & Reptil). www.masa-kini.id
Ningsi, P.A., Purwaningsi, Sri., & Darmaji. (2021). Pengembangan Penuntun Praktikum Elektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Suhu dan Kalor Untuk SMP dan MTs. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1), 198-209. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/1040.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Purwaningtyas, A. (2023). Identifikasi dan uji efektivitas booklet fauna gunung lumbung-banjarnegara pada materi ekosistem untuk siswa sma skripsi.
Pratomo, R.H.S., & Nur, S.M. (2023). Pengembangan Penuntun Praktikum Zoologi Vertebrata Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa 2024 Universitas Cokroaminoto Palopo. 9(1), 618–627. https://e-journal.my.id/biogenerasi
Rahmadani, S. (2022). Efektivitas Petunjuk Praktikum Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Probing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 70-76.
Ritonga, A.P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343-348.
Setiawan. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia (Issue March). https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/
Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Ummi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidik, 6(1), 41-46.
Wahyudiati, D. (2016). Analisis Efektifitas Kegiatan Praktikum Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 14 (2), 143-168. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/27
Wayan, Gunada, I., & Sahidu, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Telknologi, I(1), 2407–6902.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.