PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR

  • Anisa Anisa Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh  prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri di Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian sebanyak 335 siswa, diperoleh dengan menggunakan teknik  random sampling. Variabel yang diteliti adalah: (1) variabel bebas adalah prokrastinasi akademik  dengan simbol X; (2) variabel terikat adalah hasil belajar dengan simbol Y. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk memperoleh skor prokrastinasi akademik, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar biologi tahun akademik 2017/2018 siswa pada SMA Negeri 1 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan;  pengaruh prokastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Makassar berada pada kategori sedang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron, M.N & Risnawati R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Ilyas, Muhammad dan Suryadi. (2017). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal An-Nida’ (online), Vol. 41, No.1 (ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/download/4638/2832, diakses 5 Agustus 2018).

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Munawaroh, Martika Laely., Said Alhadi.,& Wahyu Nanda Eka Saputra. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol.2, No.1 (http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk, diakses 5 Agustus 2018).

Ramadhan, Restu Pangestu & Hendri Winata. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.1, No.1. (ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper, diakses 5 Agurtus 2018).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Thoha, Chabib. (2003). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tiro, Muhammad Arif. (2008). Analisis Korelasi dan Regresi. Makassar: State University of Makassar Press.

_____________. (2008). Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher

Diterbitkan
2018-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1388 times