PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri di Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian sebanyak 335 siswa, diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel yang diteliti adalah: (1) variabel bebas adalah prokrastinasi akademik dengan simbol X; (2) variabel terikat adalah hasil belajar dengan simbol Y. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk memperoleh skor prokrastinasi akademik, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar biologi tahun akademik 2017/2018 siswa pada SMA Negeri 1 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan; pengaruh prokastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Makassar berada pada kategori sedang.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghufron, M.N & Risnawati R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Ilyas, Muhammad dan Suryadi. (2017). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal An-Nida’ (online), Vol. 41, No.1 (ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/download/4638/2832, diakses 5 Agustus 2018).
Morissan. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Munawaroh, Martika Laely., Said Alhadi.,& Wahyu Nanda Eka Saputra. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol.2, No.1 (http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk, diakses 5 Agustus 2018).
Ramadhan, Restu Pangestu & Hendri Winata. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.1, No.1. (ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper, diakses 5 Agurtus 2018).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Thoha, Chabib. (2003). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tiro, Muhammad Arif. (2008). Analisis Korelasi dan Regresi. Makassar: State University of Makassar Press.
_____________. (2008). Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.