PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR-SHARE (TPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

  • Arwin Arif STKIP Pembangunan Indonesia
    (ID)
  • Herlina Lina

Abstrak

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa menggunakan penerapan pendekatan Problem Based Instruction (PBI) berorientasi model pembelajaran Think Pair-Share (TPS) pada mata kuliah evolusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action). Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang menempuh mata kuliah evolusi. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses bersiklus yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, tes, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan di analisis menggunakan teknik persentase, statistik deksriptif dan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa untuk motivasi belajar mahasiswa memperoleh rata-rata pada Siklus I sebesar 67,49 dan Siklus II sebesar 80,41 dengan ini menunjukkan peningkatan sebesar 12,92. Untuk hasil belajar mahasiswa memperoleh nilai rata-rata pada Siklus I sebesar 53,69 dan Siklus II sebesar 76,13 menunjukkan peningkatan yang sebesar 22,44. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Problem Based Instruction (PBI) berorientasi model pembelajaran Think Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah evolusi di STKIP Pembangunan Indonesia Makassar.

 

 

 

Kata Kunci : Problem Based Instruction (PBI), Think Pair Share (TPS), Motivasi, Hasil Belajar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
Tiada Hidup Tanpa Karya
Diterbitkan
2018-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 277 times