ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS CHIAPPETTA DAN FILLMAN

  • Nurul Laili Fitriyani Universitas Sebelas Maret Surakarta
    (ID)
  • Riezky Maya Probosari Universitas Sebelas Maret Surakarta
    (ID)
  • Suciati Suciati Universitas Sebelas Maret Surakarta
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis Buku Ajar Biologi untuk SMA Kelas X Semester Ganjil berdasarkan kategori literasi sains Chiappetta dan Fillman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Objek penelitian adalah dua buku teks biologi kelas X dari dua penerbit berbeda pada materi semester ganjil. Teknik pengambilan objek penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data melalui analisis oleh petugas koding secara mandiri pada unit-unit buku teks biologi kelas X. Reliabilitas data penelitian ini menggunakan indeks kesepakatan Kappa. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan empat dimensi literasi sains pada kedua buku teks biologi kelas x yang dianalisis memiliki perbandingan sebaran tidak merata, dengan dominasi kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan. Hasil analisis literasi sains Buku A yaitu: sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 90,77 persen; sains sebagai jalan penyelidikan sebesar 5,56 persen; sains sebagai cara berpikir sebesar 3,1 persen; serta interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat sebesar 0,53 persen. Hasil analisis literasi sains Buku B yaitu: sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 69,70 persen; sains sebagai jalan penyelidikan sebesar 12,47 persen; sains sebagai cara berpikir sebesar 2,78 persen; serta interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat sebesar 15,05 persen.

 

Kata kunci: analisis isi, buku ajar biologi, literasi sains

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Mahasiswa S1, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas, Sebelas Maret Surakarta
##submission.authorWithAffiliation##
Dosen Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta
##submission.authorWithAffiliation##
Dosen Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Diterbitkan
2018-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1226 times