Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Hafalan Santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bantaeng
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran AlQur’an Terhadap Kemampuan Hafalan Santri Di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Lokasi penelitian yakni Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari beralamat di desa Nipa-Nipa, kecamatan Pa’jukukang Kabupaten. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metodologi dan pendekatan situasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bantaeng yang berjumlah 182, sampel yang diambil adalah 10% dari setiap kelas. Kelas yang ada sebanyak enam kelas dengan total sampel sebanyak 5 orang. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa Metode pembelajaran al-Qur’an yang terdiri atas metode tahsin bin-nadhar, tahfidz bil-ghaib, tikrarul mahfudz, istima’ul mahfudz, dan talaqqi telah diterapkan melalui pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari bantaeng dengan skor rerata sebesar 3,46 dan persentase rerata sebesar 87% yang berarti sangat sesuai dengan teori penggunaan metode menghafal al-Qur’an yang diuji dalam penelitian ini. Kemampuan santri menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bantaeng, diukur melalui tes kemampuan fashahah, kelancaran, dan tajwid dengan skor rerata sebesar 86% yang berada pada kategori tinggi. Hasil pengujian N-Gain sebesar 0.970149 berada pada kategori tinggi yang berarti penerapan metode menghafal al-Qur’an melalui pembelajaran tahfidz al-Qur’an efektif terhadap kemampuan hafalan santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bantaeng.
References
al-Bukhary, al-Imam. Shahih al-Bukhary, jilid III, juz IV. Beirut: Dar al-Fikr, 1401 H/1981 M.
Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdlor. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika Pondok Krapyak, t.th.
al-Qattan, Manna’ Khalil. Mabahis Fi ‘Ulum al-Qur’an. Kairo: Maktabah al-Ma’arif li al-Nasyr wa al-Tawzi’, 2000.
Alwi, Hasan, dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, .
Arsyad Embas, Aisyah. Menuntut Anda Memahami dan Menghafal al-Qur’an, Juz 1. Makassar: Alauddin University Press, 2012.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pandom Media Nuantara, 2014.
Dirman dan Cicih Juarsi. Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 201.
Hardini, Isriani & Dewi Puspita Sari. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, dan Implementasi. Yogyakarta: Familia, 2012,
Munawwir, A. W. dan Muhammad Fairuz. Kamus al-Munawwir Arab Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif, 2007.
Ramayulis. Metode Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kamal Mulia, .
Raqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Lkis, 2009.
Ratna Dewi, Tri. Pengembangan Metode Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press, 2017.
Sholeh, Hariri dan Abdullah Afif. Panduan Ilmu Tajwid (Tebuireng: Unit Tahfiz Madrasatul Qur’an, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007.
Syamsuddin, Phil Sahiron. Studi Al-Qur’an: Metode dan Konsep. Yogyakarta: ELSAQ Press, 2010.
Syihab, M. Quraisy. Menyingkap Tabir Ilahi al-Asma al-Husna dalam Perspektif al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2006.
Taqdir Qadratillah, Meity, dkk. Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar.Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana,2010.
Wajdi, Farid. “Tahfiz al-Qur’an dalam Kajian Ulum al-Qur’an (Studi atas Berbagai Metode Tahfiz)”, Jakarta: Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2010.
Zen, Muhaimin. Tata Cara/Problematika Menghafal al-Qur’an dan Petunjuk-Petunjuknya. Jakarta: Pustaka Alhusna, 1985.
Copyright (c) 2023 M. Galib M, Ahmad Syarif Hidayatullah Galib, Siti Yasirah Az-Zahrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).