Research and Development dalam Media Pembelajaran Game Flash Adventure Quiz pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP

  • Zulfah Nur Risky Asmad Universitas Negeri Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Nasir Universitas Negeri Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Adam Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
Keywords: Media learning, Adventure game quiz, Adobe Flash cs6

Abstract

The main problem in this study (1) how the process of learning media development and (2) how the media learning flash adventure quiz-based Adobe Flash cs6 game on subjects IPA in junior high unismuh makassar can be worth to use. The study aims to (1) know the results of learning media development and (2) know the feasibility of media game adventure-based Adobe Flash cs6 on the flash quiz subjects IPA in junior high unismuh makassar. The study is this type of research development r&d (research & development) by using addie model that is analysis, design, development, implementation, and evaluation. The development procedure consists of several stages that is, potential analysis and problems, design storyboards image, the preparation of the material and assessment instruments for experts, the creation of learning media products, media assessment by validators, the application of the small scale trials and media evaluation of learning. The application of the trial in doing in junior laboratory unismuh makassar involving students that add up to 20 people Class VII. Based on the development that has been implemented in mind that: (1) results learning media products in the form of game called adventure quiz, with the format of type exe program with the solar system for junior high school Class VII subject matter IPA (2) the results from the media expert and expert material against the media learning game adventure quiz categorized is very good and decent use.

Abstrak

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses pengembangan media pembelajaran dan (2) bagaimana media pembelajaran game flash adventure quiz berbasis adobe flash CS6 pada mata pelajaran IPA di SMP Unismuh Makassar dapat layak untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran dan (2) mengetahui kelayakan media game flash adventure quiz berbasis adobe flash CS6 pada mata pelajaran IPA di SMP Unismuh Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Prosedur pengembangan terdiri dari analisis potensi dan masalah, desain gambar storyboard, penyusunan materi dan instrumen penilaian untuk para ahli, pembuatan produk media pembelajaran, penilaian media oleh validator, penerapan uji coba skala kecil  dan evaluasi media pembelajaran. penerapan uji coba di lakukan di laboratorium SMP Unismuh Makassar yang melibatkan siswa yang berjumlah 20 orang kelas VII. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilaksanakan diketahui bahwa: (1) hasil produk media pembelajaran berupa game bernama  adventure quiz, dengan format program bertipe exe dengan materi pelajaran IPA tata surya untuk SMP kelas VII (2) hasil penilaian dari ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran game adventure quiz dikategorikan sangat baik dan layak digunakan.

References

Adnyani, K. E. K., Hermawan, G. S., & Sindu, I. G. P. (2018). Development of MojiGoiGo!: Adobe Flash Based Learning Media For JLPT Preparation. International Journal of Language and Literature, 2(3), 90–97. https://dx.doi.org/10.23887/ijll.v2i3.16314

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Djam’an, S., & Komariah, A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamification dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. ejurnal.net/portal/index.php/ticom/article/view/1666

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta.

Murti, A. A. W. (2017). Pengembangan Media Berbentuk Game Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK Negeri 1 Godean [Universitas Sanata Dharma]. https://repository.usd.ac.id/11982/2/131334003_full.pdf

Nurhabibie, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi untuk Belajar Mandiri pada Kompetensi Dasar Hidrolik dan Komponen Hidrolik Siswa Smk Negeri 3 Wonosari [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/46611/

Rachmat, I. F. M. (2021). Pengembangan Game Edukasi Mencari Perbedaan Gambar Buah Untuk Anak Usia Dini 4 – 6 Tahun. Jurnal Ipsikom, 9(1), 119–126. https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/183

Rahmaibu, F. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Studi Kasus: SDI Al Madina Semarang [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/24463/

Rahmawatia, U. D., & Prajitno, E. (2017). Development Of Mathematics Learning Media Based On Interactive Multimedia Using Adobe Flash Cs6 In The Submission Of Cultural Rules Of High School Class XI. AdMathEduSt, 4(7), 365–371. http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v4i7.17149

Rohmalina, W. (2018). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.

Saputro, A. (2016). Mudah Membuat Game Adventure Adobe Flash CS6 Action Script 3.0. Andi.

Schell, J. (2008). The Art of Game Design: A Book of Lenses. Morgan Kaufmann.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana.

Siburian, S., Hutagalung, S. M., & Daulay, S. (2020). Development of Adobe Flash CS6 Learning Media in Short StoryBased on Learning Text of Advanced Local Community Of Batak Toba Students in Tanjungmorawa. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 591–599. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.855

Sugiono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Syafa, D. A., Pujiastuti, P., & Anggraini, D. (2021). Development of Adobe Flash Media in Increasing Learning Interest. Al- Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1239–1246. https://dx.doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.675

Tambunan, D. R. U., Syahputra, E., & Simanjorang, M. M. (2021). Development of Interactive Learning Media Based on Adobe Flash CS6 to Improve Spatial Abilities Students in Geometry Transformation. Journal of Education and Practice, 12(8), 65–70. https://doi.org/10.7176/JEP/12-8-0

Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Adobe Flash CS6 untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Depok [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/61510/

Widodo, W., Rachmadiarti, F., Hidayati, S. N., Suryanda, A., Cahyana, U., Kistinah, I., Anifah, A., & Suryatin, B. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zulfadewina, Sucipto, A., Iba, K., & Zulherman. (2020). Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials. Jurnal Basicedu, 4(4), 1308–1314. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.551

Published
2023-12-31
How to Cite
Asmad , Z. N. R., Nasir, N., & Andi Adam , A. A. (2023). Research and Development dalam Media Pembelajaran Game Flash Adventure Quiz pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP . Jurnal Diskursus Islam, 11(3), 412-437. https://doi.org/10.24252/jdi.v11i3.44271
Section
Artikel
Abstract viewed = 79 times