Konsep Spiritual Teaching dalam Perspektif Hadis
Abstract
Spiritual education in the context of Islamic education is an effort to mature the souls of students on the journey towards closeness to Allah SWT. In various scientific references, spiritual teaching is changing students from a dirty soul to a clean soul, from reasoning that has not submitted to Allah to reasoning that obeys the Shari'ah, from a hard and rusty heart to a soft and clear heart. Change from spirituality that is far from awareness of Allah SWT, negligent in worshiping and lacking sincerity in doing it towards spirituality that is ma'rifat towards Allah SWT. and always serve Him sincerely, from a body that does not obey the rules of the Shari'a to becoming a body that always adheres to the rules of the Shari'a of Allah SWT.
Abstrak
Pendidikan spiritual dalam konteks Pendidikan Islam adalah upaya pendewasaan jiwa peserta didik dalam perjalanan menuju kedekatan dengan Allah swt. Dalam berbagai referensi ilmiah, spiritual teaching adalah merubah peserta didik dari jiwa yang kotor menuju jiwa yang bersih, dari nalar yang belum tunduk kepada Allah menuju nalar yang patuh kepada syari’at, dari hati keras dan berkarat menuju hati yang lembut dan jernih. Merubah dari Rohani yang jauh dari kesadaran Allah swt., lalai dalam beribadah dan kurang ikhlas melakukannya menuju Rohani yang ma’rifat kepada Allah swt. dan senantiasa berbakti kepada-Nya dengan tulus, dari tubuh yang kurang mentaati aturan syari’at menuju menjadi tubuh yang senantiasa memegang aturan-aturan syari’at Allah swt.
References
Ahmad Sopian. Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Vol. 1, No. 1, 2016.
Akhdan Nur Said dan Diana Rahmawati. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Nominal. Vol. 7, No. 1, 2018.
Ana Setyowati, Sri Hartati dan Dian Ratna Sawitri. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Resiliensi pada Siswa Penghuni Rumah Damai. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 7, No. 1, 2010.
Ani Agustiyani Maslahah. Pentingnya Kecerdasan Spiritual dalam Menangani Perilaku Menyimpang. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 4, No. 1, 2013.
Askhabul Kirom. Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3, No. 1, 2017.
Fadhlina Arief Wangsa. Kecerdasan Intelektual Nabi Muhammad SAW. dalam Perspektif Hadis. Jurnal Sulesana (Vol. 14, No. 1, 2020) h. 1-20.
Fahlila Mutia. Implementasi Model Pembelajaran di Era Digital pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 15, No. 2, 2022.
Faisal. Kecerdasan Intelektual Rasulullah SAW; Perspektif Hadis. Jurnal Ulunnuha. Vol. 6, No. 2, 2016.
Fathul Mufid. Spiritual Teaching dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Tsamratul Huda Tahunan Jepara. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol.11, No. 2, 2016.
Fathul Mufid. Spiritual Teaching dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Tsamratul Huda Tahunan Jepara. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol.11, No. 2, 2016.
Firdaus Daud. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 19, No. 2, 2012.
Fitri Wahyuningsih Tuankotta. Analisis Kecerdasan Emosional Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual Pengaruhnya terhadap Kompetensi Guru pada Pondik Pesantren Nadil Ulumiddiniyah Ory. Jurnal Ilmu Ekonomi Adventage. Vol. 8, No. 1, 2019.
Ilmi Al Idrus, Damayanti dan Ermayani. Pengembangan Kecerdasan Emosinal Peserta Dididk di Sekolah dasar Melalui Pendidikan Karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan dasar Indonesia. Vol. 4, No. 1, 2020.
Ivan Riyadi, ‘Emotional Inteligence the Prescpective of Daniel Goleman and Its Relevance in Islamic Education’, Ta’dib, 20.2 (2016), 221 <https://doi.org/10.19109/td.v20i2.84>.
John D. Mayer, Peter Salovey, and David Caruso, ‘Models of Emotional Intelligence’, Handbook of Intelligence, 1, 2012, 396–420 <https://doi.org/10.1017/cbo9780511807947.019>.
Neng Marlina Efendi. Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi. Vol. 2, No. 2, 2018.
Nur Afif. Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Quran): Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1, 2019.
Rahmat Ariadillah, Yuni Yanti Soliha dan Dewi Indrawati. Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa melalui Program Keberagaman di MI Jami’iyyatul Khair Xiputat Timur. Jurnal Tarbawi. Vol. 6, No. 1, 2021.
Safira Zulfania. Analisis Rumusan Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini di TK II Pertiwi. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2, No. 1, 2021.
Salim Korompot dan Sultan M Tarmizi Korompot. Pemaknaan Peserta Didik tentang Kecerdasan Spiritual. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol. 6, No. 2, 2020.
Siti hajril Masyitah, Maizuddin dan Nurkhalis. Korelasi Kecerdasan Emosional dan Spiritual dengan Pengetahuan Hadis pada Mahasiswa Prodi IAT UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tafse: Jurnal Pendidikan al-Qur’an. Vol. 4, No. 55, 2019.
Sri Langgeng Ratnasari dkk. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa di Kota Batam. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance. Vol. 4, 2022.
Sugeng Sejati. Perkembangan Spiritual Remaja dalam Perspektif Ahli. Jurnal Hawa. Vol. 1, No. 1, 2019.
Suwaibatul Aslamiah. Pendidikan Spiritual sebagai Benteng terhadap Kenakalan Remaja (Sebuah Kajian terhadap Riwayat Nabi Yusuf as.). Legalite: Jurnal Perundang-Undangan dan Hukum Pidana Islam. Vol. 2, No. 1, 2017.
Syahdan Lubis. Belajar dan Mengajar sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. Jurnal Literasiologi. Vol. 5, No. 2, 2021.
Ujud Supriaji. Konsep Pendidikan Spiritual. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial. Vol. 3, No. 1, 2019.
Umi Baroroh. Beberapa Konsep Dasar Proses Belajar Mengajar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal PAI. Vol. 1, No. 1, 2004.
Wiwik Dyah Aryani dkk. Pengembangan Kecerdasan Intelektual Emosional dan Spriritual. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 4, 2022.
Yulia Ayriza. Mewujudkan Insan Indonesia Cerdas Komprehensif dan Kompetitif. Jurnal Paradigma. Vol.1, No. 2, 2006.
Zamzami Sabiq dan As’ad Djalali. Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Pamekasan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 1, No. 2, 2012.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).