Implementasi Manajemen Personalia di Madrasah Ibtidaiah Tahfidzul Qur’an Azhar Center Makassar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan bentuk implementasi manajemen personalia dan menemukan faktor pendukung serta faktor penghambat pelaksanaan manajemen personalia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiah Tahfidzul Qur’an Azhar Center Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi manajemen personalia yang meliputi pengadaan, pengembangan, dan penilaian kinerja personalia dalam pelaksanaannya dapat dikatakan cukup baik namun belum maksimal; faktor pendukung pelaksanaan manajemen personalia di MI Tahfidzul Qur’an Azhar Center Makassar, yaitu adanya lingkungan kerja yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadai, dan kepemimpinan kepala madrasah; adapun faktor penghambat pelaksanaan manajemen personalia adalah ketertutupan pemberian informasi, kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan, dan perencanaan personalia yang kurang maksimal. Implikasi dari penelitian ini adalah menjadi referensi untuk pimpinan MI Tahfidzul Qur’an Azhar Center Makassar dalam melaksanakan manajemen personalia agar memperhatikan latar belakang pendidikan setiap personalia madrasah dengan mengacu pada asas the right man on the right place; dan dapat digunakan pihak Yayasan Al-Azhar sebagai bahan evaluasi dan masukan bagi personalia MI Tahfidzul Qur’an Azhar Center Makassar dengan membenahi hal-hal yang terkait dengan pengembangan menajemen personalia.
References
Almasri, Nazar. Manajemen Sumber Daya Manusia: Implementasi dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19, No.2, 2016.
Emzir, Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, Ed. I. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Latif, Mukhtar dan Suryawahyuni. Teori Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Lemos, Renata, dkk.. Personnel Management and School Productivity: Evidence from India, National Bureu of Economic Research, 1050 Massachusetts Avenue, Cambridge, MA 02138, 2021.
Lorensius, dkk., Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral 5, No.1, 2021.
Mu’amaroh. Manajemen Personalia dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Sakafiyah III PP Al- Munawwir Krapyak Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.
Muniroh, Jauharotul dan Muhyadi. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 2019.
Pidarta, Made. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Arikunto & Yuliana, Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
S. Tatang. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Solihin, Ihin. Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Optimalisasi Manajemen Personalia, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, No.2, 2020.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Supeno, Eko. Evolusi Pemikiran Manajemen: Sebuah Tinjauan Wren dan Bedeian. Jejaring Administrasi Publik. Th. IV. Nomor 1, 2012.
Ulfatin, Nurul dan Teguh Triwiyanto. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Depok: Rajawali Pers, 2018.
Yasin, Sulchan. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Surabaya: Cipta Karya.
Yusuf Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.
Zazin, Nur. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Edulitera, 2019.
Hasibuan, Malayu. Manajemen Sumber Daya Manusia, (Cet. XX; Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Copyright (c) 2023 Reski Indah Sari, Muljono Damopolii, St. Syamsudduha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).