Analisis Qs. Az-Zariyat Ayat 19 dalam Pengimplementasian Hak dan Kewajiban Warga Negara

  • Chusnul Chotimah UIN Walisongo Semarang
    (ID)
  • Arif Samsudin UIN Walisongo Semarang
    (ID)
  • Khilwa Addina Dianur UIN Walisongo Semarang
    (ID)
  • Bakti Fatwa Anbiya UIN Walisongo Semarang
    (ID)

Abstract

Al-Qur’an menjadi sumber pedoman hidup bagi umat muslim yang mengimani Allah Swt. Penelitian ini menggali makna ayat 19 Surat Az-Zariyat dalam pembangunan sosial, politik, dan ekonomi kontemporer melalui kacamata ajaran Al-Qur’an. Dengan menggunakan analisis tekstual, tinjauan literatur, konsultasi dengan ulama Islam, dan studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi implikasi praktis prinsip-prinsip Al-Qur’an terhadap upaya pembangunan modern. Tema-tema utama seperti keadilan, tanggung jawab sosial, dan solidaritas komunal dikaji, menyoroti relevansinya dengan pembangunan berkelanjutan. Dengan menjelaskan contoh-contoh konkrit, penelitian ini menunjukkan bagaimana prinsip-prinsip Al-Qur’an dapat memandu kebijakan dan praktik yang mendorong keadilan sosial, keadilan politik, dan kemakmuran ekonomi. Temuan ini menggaris bawahi pentingnya ajaran Al-Qur’an dalam mengatasi tantangan pembangunan saat ini dan menekankan perlunya mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam strategi pembangunan. Tujuan dibuatnya artikel ini adalah sebagai bentuk penelitian dalam meneliti hubungan surat Az-Zariyat ayat 19 yang ada di Al-Qur’an dengan hak dan kewajiban bernegara. Karena hal-hal yang bersumber dari Al-Qur’an dapat menjadi sebuah acuan untuk membatasi dan menjadi petunjuk dalam permasalahan sosial serta perkembangan sosial. Metode dalam penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif yang dapat menghasilkan suatu kajian mendalam dengan cara meneliti lebih dalam sumber-sumber yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Oleh karena itu, tema penelitian ini diangkat dalam sebuah artikel untuk mengulas hak-hak dan kewajiban bernegara dalam perspektif Islam yakni yang ada pada surat Az-Zariyat ayat 19 tersebut.

References

Amin, Muhammad, & Maula Sari, Perlidungan Hak Warga Negara Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Konstitusi. (Banda Aceh: journal of qur’anic studies. (2023).

Anbiya, Bakti Fatwa, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Klaten, PT. Nasmedia Indonesia (2023).

Arwansyah, A. Rizki, (32 tahun), Sejarawan Bone, Wawancara Watampone, 20 November 2017.

Asiyah, Nur, Hak Asasi Manusia Perspektif Hukum Islam, Jurnal Syari’ah dan Hukum Diktum, (2017).

Yunita, Septi & Dinie Anggraeni Dewi, urgensi pemenuhan hak dan kewajiban warga negara dalam pelaksanaannya berdasarkan undang-undang. DeCivejurnal penelitian Pancasila dan kewarganegaraan, (2021).

Published
2024-09-28
How to Cite
Chotimah, C., Samsudin, A., Dianur, K. A., & Anbiya, B. F. (2024). Analisis Qs. Az-Zariyat Ayat 19 dalam Pengimplementasian Hak dan Kewajiban Warga Negara. Jurnal Diskursus Islam, 12(2). https://doi.org/10.24252/jdi.v12i2.47699
Section
Artikel
Abstract viewed = 99 times