PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM (Hakikat, Tujuan dan Pengembangannya)
Abstract
Pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya; akal dan hatinya, ruhani dan jasmaninya, akhlak dan keterampilannya. Tulisan akan mengetengahkan tentang pengertian, hakikat, tujuan dan bagaimana pengembangan pendidikan Islam. Dalam pemaparannya, akan dikemukakan berbagai pendapat para ahli yang kemudian membandingkannya untuk menemukan makna yang lebih tepat sehingga dapat dikembangkan. Pendidikan Islam dikembangkan dengan pendekatan multidisipliner, yaitu mengembangkan Ilmu Pendidikan Islam dengan memanfaatkan bantuan ilmu-ilmu lain, seperti sosiologi, psikologi, hukum, filsafat, ekonomi, sejarah, ilmu kalam dan lain sebagainya. Penggunakan telaah multidisipliner ini, berarti pendidikan Islam saling berdialog dengan disiplin ilmu lain dan mencapai tujuan yang lebih maksimal.
References
al-‘Asqalānī, al-Hāfiz Abī al-Fal Amad bin ‘Alī bin ajar bin Siāb al-Dīn. 1984. Fat al-Bārī: Syara aī al-Bukhārī, Jilid I. Al-Qāhirah: Dār al-Diyān li-al-Turās.
al-Atthās, Syed Muhammad al-Naquib. 1984. The Concept of Education in Islam: A Frame Work for an Islamic Philosophy of Education, terj. Haidar Baqir, Konsep Pendidikan dalam Islam; Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Mizan.
Arifin, H.M. 1996. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisiplin. Jakarta: Bumi Aksara.
Ashraf, Ali. 1996. Horison Baru Pendidikan Islam, terj. Sori Siregar. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam Tradisi Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.
Dewey, John. 1990. Democracy and Education. New York: Macmillan Company, 1964.
Durkheim, Emile. Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan, terj. Lukas Ginting. Jakarta: Erlangga.
Fadjar, A. Malik. 1999. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.
Faisal, Jusuf Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Husain, Syed Sajjād dan Syed ‘Ali Asyraf. 1986. Crisis of Islamic Education, terj. Rahmani Astuti, Krisis Pendidikan Islam. Bandung: Risalah.
Jalāl, Abdulfattāh. 1997. Min Uūl al-Tarbawiyah fi al-Islām. Misr: al-Daulī li al-Ta‘līm al-Wazdzīf li al-Kibār fi al-‘Ālam al-‘Arabī.
Muhadjir, Noeng, 1999. “Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an: Tinjauan Mikro” dalam Yunahar Ilyas dan Muhammad Azhar (ed), Pendidikan dalam Perspektif al-Qur’an. Yogyakarta:LPPI Universitas Muhammadiyah.
Muhadjir, Noeng. 1996. “Pendidikan Islami Untuk Masa Depan Kemanusiaan: Telaah Teosentrisme Humanistik” Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam LEKTUR, Seri IV.
al-Nalāwī, ‘Abdurramān. 1979. Uūl al-Tarbiyah al-Islāmiyah wa Asālībihā, fi al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama‘. Dimasyq: Dār al-Fikr.
Nasr, Syed Hossein. 1987. Islam Tradisi di Tengah Kancah Dunia Modern, terj. Luqman Hakim. Bandung: Pustaka.
Nasution, Harun. 1993. Manusia Menurut Konsep Islam. Jakarta: Lembaga Penelitian IAIN Jakarta.
Penyelenggara Penterjemah/Penafsir al-Qur’an. 1995. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Madīnah al-Munawwarah: Mujamma‘ al-Malik Fahd li ibā‘at al-Muab al-Syarīf.
al-Qarāwī, Yūsuf. 1980. Al-Tarbiyah al-Islāmiyah wa Madrasah Hasan al-Bannah, terj. Bustami A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad. Jakarta: Bulan Bintang.
Quub, Muammad. 1995. Evolusi Moral, terj. Yudian Wahyudi Asmir dan Marwan. Surabaya: al-Ikhlas.
Quub, Muammad. 1996. Lailaha illa Allah sebagai Aqidah Syariah dan Sistem Kehidupan, terj. Syafril Halim. Jakarta: Robbani Press.
Quub, Muammad. 1993. Manhaj al-Tarbiyah al-Islāmiyah, Jilid I. al-Qāhirah: Dār al-Syurūq.
Quub, Muammad. 1992. Muslimkah Anda, terj. Salim Basyarahil. Jakarta: Firdaus.
Quub, Muammad. 1996. Tafsir Islam atas Realitas, terj. Abu Ridho. Jakarta: Sidik.
Sābiq, Sayyid. t.th. Islāmunā. Bairūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī.
al-Syaibaniy, Omar Muhammad al-Toumy. 1979. Falsafah al-Tarbiyah al-Islâmiyah, terj. Hasan Langgulung, Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Zakiah Daradjat dkk., 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2024 Muhammad Amin Sahib, Nur Asiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).