PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM (Hakikat, Tujuan dan Pengembangannya)

  • Muhammad Amin Sahib UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Asiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya; akal dan hatinya, ruhani dan jasmaninya, akhlak dan keterampilannya. Tulisan akan mengetengahkan tentang pengertian, hakikat, tujuan dan bagaimana pengembangan pendidikan Islam. Dalam pemaparannya, akan dikemukakan berbagai pendapat para ahli yang kemudian membandingkannya untuk menemukan makna yang lebih tepat sehingga dapat dikembangkan. Pendidikan Islam dikembangkan dengan pendekatan multidisipliner, yaitu mengembangkan Ilmu Pendidikan Islam dengan memanfaatkan bantuan ilmu-ilmu lain, seperti sosiologi, psikologi, hukum, filsafat, ekonomi, sejarah, ilmu kalam dan lain sebagainya. Penggunakan telaah multidisipliner ini, berarti pendidikan Islam saling berdialog dengan disiplin ilmu lain dan mencapai tujuan yang lebih maksimal.

References

al-Abrasyī, Muammad ‘Aiyah. t.th. Rū al-Tarbiyah wa al-Ta‘līm. Misr: Bāb al-alabī.
al-‘Asqalānī, al-Hāfiz Abī al-Fal Amad bin ‘Alī bin ajar bin Siāb al-Dīn. 1984. Fat al-Bārī: Syara aī al-Bukhārī, Jilid I. Al-Qāhirah: Dār al-Diyān li-al-Turās.
al-Atthās, Syed Muhammad al-Naquib. 1984. The Concept of Education in Islam: A Frame Work for an Islamic Philosophy of Education, terj. Haidar Baqir, Konsep Pendidikan dalam Islam; Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Mizan.
Arifin, H.M. 1996. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisiplin. Jakarta: Bumi Aksara.
Ashraf, Ali. 1996. Horison Baru Pendidikan Islam, terj. Sori Siregar. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam Tradisi Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.
Dewey, John. 1990. Democracy and Education. New York: Macmillan Company, 1964.
Durkheim, Emile. Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan, terj. Lukas Ginting. Jakarta: Erlangga.
Fadjar, A. Malik. 1999. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.
Faisal, Jusuf Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Husain, Syed Sajjād dan Syed ‘Ali Asyraf. 1986. Crisis of Islamic Education, terj. Rahmani Astuti, Krisis Pendidikan Islam. Bandung: Risalah.
Jalāl, Abdulfattāh. 1997. Min Uūl al-Tarbawiyah fi al-Islām. Misr: al-Daulī li al-Ta‘līm al-Wazdzīf li al-Kibār fi al-‘Ālam al-‘Arabī.
Muhadjir, Noeng, 1999. “Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an: Tinjauan Mikro” dalam Yunahar Ilyas dan Muhammad Azhar (ed), Pendidikan dalam Perspektif al-Qur’an. Yogyakarta:LPPI Universitas Muhammadiyah.
Muhadjir, Noeng. 1996. “Pendidikan Islami Untuk Masa Depan Kemanusiaan: Telaah Teosentrisme Humanistik” Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam LEKTUR, Seri IV.
al-Nalāwī, ‘Abdurramān. 1979. Uūl al-Tarbiyah al-Islāmiyah wa Asālībihā, fi al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama‘. Dimasyq: Dār al-Fikr.
Nasr, Syed Hossein. 1987. Islam Tradisi di Tengah Kancah Dunia Modern, terj. Luqman Hakim. Bandung: Pustaka.
Nasution, Harun. 1993. Manusia Menurut Konsep Islam. Jakarta: Lembaga Penelitian IAIN Jakarta.
Penyelenggara Penterjemah/Penafsir al-Qur’an. 1995. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Madīnah al-Munawwarah: Mujamma‘ al-Malik Fahd li ibā‘at al-Muab al-Syarīf.
al-Qarāwī, Yūsuf. 1980. Al-Tarbiyah al-Islāmiyah wa Madrasah Hasan al-Bannah, terj. Bustami A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad. Jakarta: Bulan Bintang.
Quub, Muammad. 1995. Evolusi Moral, terj. Yudian Wahyudi Asmir dan Marwan. Surabaya: al-Ikhlas.
Quub, Muammad. 1996. Lailaha illa Allah sebagai Aqidah Syariah dan Sistem Kehidupan, terj. Syafril Halim. Jakarta: Robbani Press.
Quub, Muammad. 1993. Manhaj al-Tarbiyah al-Islāmiyah, Jilid I. al-Qāhirah: Dār al-Syurūq.
Quub, Muammad. 1992. Muslimkah Anda, terj. Salim Basyarahil. Jakarta: Firdaus.
Quub, Muammad. 1996. Tafsir Islam atas Realitas, terj. Abu Ridho. Jakarta: Sidik.
Sābiq, Sayyid. t.th. Islāmunā. Bairūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī.
al-Syaibaniy, Omar Muhammad al-Toumy. 1979. Falsafah al-Tarbiyah al-Islâmiyah, terj. Hasan Langgulung, Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Zakiah Daradjat dkk., 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2025-02-12
How to Cite
Sahib, M. A., & Nur Asiah. (2025). PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM (Hakikat, Tujuan dan Pengembangannya). Jurnal Diskursus Islam, 12(3), 431-446. https://doi.org/10.24252/jdi.v12i3.55174
Abstract viewed = 23 times