IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA BAGI ANAK PANTI ASUHAN DI KOTA MAKASSAR

  • Husen Sarujin Kantor Urusan Agama Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan
    (ID)

Abstract

Penelitian terhadap Panti Asuhan dianggap penting untuk dilakukan karena dengannya dapat diketahui efektivitas pembinaan anak-anak panti, dan berbagai kendala yang dihadapinya, serta solusinya dalam upaya pembentukan akhlak. Manajemen sarana dan prasarana merupakan kendala utama yang dihadapi panti asuhan di Kota Makassar. Kenyataan menunjukkan bahwa sebagian panti asuhan masih menempati rumah kontrakan padahal tempat tinggal merupakan kebutuhan primer dalam kehidupan. Di samping itu, manajemen keuangan juga menemui hambatan kurangnya perhatian dan bantuan dari pihak pemerintah terkait, seperti Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Sosial, dan dinas lain yang terkait, serta donatur tidak tetap. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga kategori pola pendidikan pada panti asuhan, yakni pendidikan otoriter, demokratis dan permisif, tetapi yang paling dominan adalah pendidikan demokratis. Pola pembinaan akhlak mulia bagi anak panti asuhan di Kota Makassar dapat tercapat dilihat dari ouput berupa akhlak mulia bagi anak panti asuhan, berbeda dengan anak lain yang ada di luar panti asuhan. 

ABSTRACT

The research about orphanage is considered important to do because it can comprehend the effectiveness of orphans development, the obstacles faced by the orphanage as well as the solutions in an effort of moral formulation. The infrastructure management is a major challenge facing by the orphanage in Makassar. The fact shows that some orphanages are still occupying the rented house when shelter is a primary need in life. In addition, financial management also encounters  obstacles the lack of attention and support from the relevant goverment such as city goverment through social services, other related agencies, and aslo from unfixed donors. This research shows that there are three categories of education pattern of the orpahanage, namely, authoritarian, democratic, and permissive, but the most dominant is democratic education. The pattern of moral building for orphans in Makassar can be regarded successful if those orphans are more noble compared to other children who live outside the orpahanage.


References

Al-Qur’ān al-Karīm

Ahmadi, Abu. Ilmu Pendidikan. Cet.II; Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Allen, Louis. Profesi Manajemen. Jakarta: Erlangga, 2000.

Amin, Ahmad. al-Akhlaq fiy al-Islam. Bairut: Dar al-Fikr, 2000.

Arifin, H.M. Ilmu Pendidikan Islam, Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta : Bumi aksara. 2007.

Arsyad, Azhar. Pokok-pokok Manajemen Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan dan Eksekuti. Morteal, Exekutive Institute Fakulty Of Managemen Mc Gill University, 2006.

al-Attās, Muhammad Naquib. Aims and Objective of Islamic Education. Jeddah: King Abd. al-Azīz, 2000.

Budiman, M. Nasir. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an. Cet.I; Jakarta: Madani Press, 2001.

al-Bukhāri, Abū ‘Abd. Allāh Muhammad ibn Ismā’īl ibn Ibrāhim ibn al-Mugīrah ibn al-Bardizbāt. Sahīh al-Bukhāriy, juz III. Bairut: Dar al-Fikr, 2002.

Daradjat, Zakiah. dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara bekerja-sama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2000.

Dauly, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an, 2002.

------------, Standar Nasional Pengasuhan untuk Panti Asuhan dan lembaga Asuhan. Cet. I. Jakarta: Direktorat Jenderal Panti Sosial, 2010.

Dinas Kesejahteraan Sosial Propinsi Kota Makassar, Kualitas Pengasuhan Anak Panti Sosial Asuhan Anak di Kota Makassar. Makassar: Dinas Kesejahteraan Sosial dan Perlindungan Masyarakat, 2009.

Dinas Sosial Propinsi Sulawesi Selatan, Penanganan Panti Sosial. Cet. II. Makassar: Bidang Kesejahteraan Sosial, 2009.

Djuwaeli, M. Arsyad. Pembaruan Kembali Pendidikan Islam. Jakarta: Yayasan Karsa Utama Mandiri, 2005.

Feisal, Jusuf Amir. Reorientasi Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 2005.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. IV; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2001.

Kast, Fremont E. dan James E. Rosenzwing, Oganizing and Management. Diterjemahkan oleh A. Hasjmi Ali dengan judul Organisasi dan Manajemen, jilid II. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Kementerian Sosial RI, Standar Nasional Pengasuhan untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak. Jakarta: Direktoral Jendeal Pembinaan Panti Sosial, 2011.

Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Cet. III; Jakarta: Pustaka al-Husna, 2008.

-----------. Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma’rif, 2000.

Mappanganro, H. “Peranan Pendidikan Islam dalam Pembentukan Manusia Indonesia Seutuhnya”, Warta Alauddin, No. 72, Oktober 2000.

, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah. Cet. II; Makassar: Ahkam, 2000.

Marimba, Ahmad D. .Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Cet. VIII: Bandung: PT. Al-Ma’arif, 2009.

Muhaimin, et. all., Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Cet. II; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Nawawi, H. Hadari. Pendidikan dalam Islam. Cet. I; Surabaya: Al-Ikhlas, 2003.

Nuryoto, Sartini. Persepsi Orang Tua dan Guru tentang Perilaku Anak. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Kalam Mulia, 2004.

Republik Indonesia, Peraturan Pemenritah Nomor 2 Tahun 1998 tentang Usaha Kesejahteraan Anak bagi Anak yang Mempunyai Masalah. Jakarta: Departemen Sosial, 2001.

------------ , Peraturan Pemerintah RI Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Agama Islam.

Sabri, Alisuf, Ilmu Pendidikan. Cet. I. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2009.

Shochib, Moh. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Sunarto dan Ny. B. Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Thohir, Ajid. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam. Jakarta: PT. Raja- Grafindo Persada, 2004.

Tim Fokusmedia, Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. I; Bandung: Fokusmedia, 2003.

Zuhairini, et all, Sejarah Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Proyek Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi Agama, Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2006.

Published
2014-08-22
How to Cite
Sarujin, H. (2014). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA BAGI ANAK PANTI ASUHAN DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Diskursus Islam, 2(2), 275-288. https://doi.org/10.24252/jdi.v2i2.6524
Section
Artikel
Abstract viewed = 567 times