IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH UNGGULAN DI INDONESIA : Studi Kasus SMP Al-Azhar Palu Sebagai Lembaga Pendidikan Islam

  • Yusra Yusra
    (ID)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Manajemen Sekolah Unggulan di Indonesia (Studi Kasus pada SMP Al-Azhar Palu). Yang menjadi tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen sekolah unggulan di Indonesia dengan mengambil lokasi penelitian pada suatu lembaga pendidikan Islam yaitu SMP Al-Azhar Palu dikaitkan dengan penerapan standar nasional pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan pedagogik, dan sosiologis, teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber data ditentukan secara purposive dan snowbal, yaitu kepala sekolah, guru-guru, peserta didik, orang tua peserta didik, dan pengurus komite. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi manajemen pada sekolah unggulan yang mengacu pada standar nasional pendidikan dapat disimpulkan bahwa peserta didik pada SMP Al-Azhar Palu sebagai sekolah unggulan outputnya terbukti mampu bersaing dengan lulusan sekolah negeri dan swasta yang lain, kepala sekolah dan para guru memiliki harapan untuk mempertahankan kedisiplinan dalam proses belajar mengajar. Seluruh sumber daya guru dan tenaga administrasi yang tersedia tela dimanfaatkan secara maksimal. Dukungan orang tua/wali peserta didik yang memiliki ekonomi menengah keatas menjadi kekuatan utama dalam menyediakan sarana dan prasarana sekolah, tetapi menjadi ancaman serius bagi peserta didik yang orangtuanya mempunyai penghasilan rendah secara ekonomi meskipun anaknya memiliki prestasi akademik yang tinggi karena tidak mampu membayar biaya sekolah yang tinggi. Pemenuhan kebutuhan kurikulum yang sesuai kondisi setempat, kesungguhan dalam kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan tenaga kependidikan yang profesional, ketersediaan sarana dan prasarana, melakukan pengelolaan pembiayaan secara maksimal akan menghasilkan kompetensi lulusan yang bermutu tinggi sehingga outputnya dapat bersaing dengan sekolah lain baik ditingkat nasional maupun secara internasional. Situasi sosial menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan cukup tinggi baik kepala sekolah, guru-guru, maupun tenaga administrasi dengan indikator: peserta didiknya rata-rata memiliki nilai prestasi yang amat baik, memiliki disiplin yang cukup tinggi, keluaran SMP Al-Azhar Palu 100 % dapat diterima di berbagai sekolah menengah atas, dan memiliki prestasi di tingkat nasional.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. IX; Jakarta: 1997.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Karya Mandiri, 2006.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 tahun 2007 tentang Pendidikan dan Pendidikan Keagamaan, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah R.I.; Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2007.

Profil sekolah SMP Al-Azhar Palu.

Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah SMP Standar Nasional, tahun 2008. Terlampir.

Republik Indonesia, Undang-Undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. 1; Jakarta: Sinar Grafika, 2003.

www.alazhar-Palu.org, Diakses tanggal 06 Januari 2009 19:33

www.alazhar-Palu.org, Diakses tanggal 06 Januari 2009 19:33 'Profil Sekolah SMP Al-Azhar Palu.

Published
2014-12-18
How to Cite
Yusra, Y. (2014). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH UNGGULAN DI INDONESIA : Studi Kasus SMP Al-Azhar Palu Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Diskursus Islam, 2(3), 335-354. https://doi.org/10.24252/jdi.v2i3.6535
Section
Artikel
Abstract viewed = 563 times