IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN AMBON : Tinjauan Pendidikan Islam

  • Asani Asani
    (ID)

Abstract

Artikel ini difokuskan pada pengkajian pelaksanaan contextual teaching and learning di Balai Diklat Keagamaan Ambon perspektif pendidikan Islam, dengan pokok permasalahan: bagaimana pelaksanaan CTL di Balai diklat keagamaan Ambon Perspektif Pendidikan Islam? Tujuannya adalah (1) mengungkapkan pelaksanaan CTL di Balai Diklat Keagamaan Ambon. (2) menguraikan berbagai faktor penghambat pelaksanaan CTL di Balai Diklat Keagamaan Ambon, (3) menemukan upaya mengatasi hambatan dan mengajukan solusi alternatif pelaksanaan CTL di Balai Diklat Keagamaan Ambon perspektif pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan metodologi (fenomenologis dan grounded research) serta pendekatan studi/keilmuan (filosofis-teologis, psikologis serta manajerial) sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian: Pelaksanaan CTL di Balai Diklat Keagamaan Ambon belum maksimal terbukti bahwa 7 komponen utama CTL, yakni konstruktivisme, Inquiry, questioning, learning community modeling, reflection serta authentic assessment sebagai indikator pelaksanaan CTL dalam pembelajaran kelas belum dilaksanakan sebagaimana mestinya oleh widyaiswara BDK Ambon. Hal ini disebabkan banyaknya. hambatan yang dihadapi oleh widyaiswara dalam melaksanakan dan mengembangkan CTL, balk hambatan internal widyaiswara maupun hambatan eksternal. Implikasi penelitian: pembelajaran dalam Diklat Keagamaan Ambon akan lebih bermakna, menyenangkan dan Islami serta sesuai konteks lingkungan peserta diklat apabila widyaiswara mengembangkan pembelajarannya dengan mengadopsi metode edutainment serta berbagai metode pembelajaran dalam pendidikan Islam dengan mempertimbangkan beberapa kearifan lokal Maluku dan Papua.

References

Alang, M. Sattu, Kesehatan Mental dan Terapi Islam. Cet. 2; Makassar: CV. Berkah Utami Makassar, 2005.

Asani, Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Diklat Pembelajaran PA1 di BDK Ambon, Makaiah hasil penelitian yang disampaikan dalam Seminar Terau Karya WI (Jumat, 12 April 2010) di Bogor Jawa Barat, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Slander Kediklatan Teknis dan Sislem Penjaminan Mutu Diklat Teknis, Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Jakarta, 2012.

Badan Standar Nasional Pendidikan, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta :BSNP Depdiknas, 2006.

Balai Diklat Keagamaan Ambon, Dokumen Selayang Pandang BDK Ambon, 11 Februari 2013.

Balitbang Depdiknas, Kurikulum Berbasis Kompentensi, Jakarta : Balitbang Depdiknas, 2002.

Balitbang Depdiknas, Kurikulum Berbasis Kompentensi, Jakarta: Balitbang Depdiknas, 2002.

Budimansyah, Dasim, Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Cet. I; Bandung: Pen. PT. Genesindo, 2002.

Departemen Agama No. 1 Tahun 2003 tenlang Pedoman Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Agama, h.7.

Departemen Pendidikan Nasional, "Pengembangan Model Pembelajaran yang Efektif (Pendekalan Konleksiual) ". [Makalah ] Jakarta : Dirjen Dikdasmen, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional, Model Pembelajaran Kontekstual I, [Makalah] Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional, Pendekalan Konleksiual (Contextual Teaching and Learning), [ Makalah ] Jakarta : Dirjen Dikdasmen. 2003.

Getteng, Abd. Rahman, Pendidikan Islam di Sulawesi Selaian Tinjauan Historis dari Tradislonal Hlngga Modem. Cet. I; Yogyakarta: Gratia Guru, 2005.

Hamruni, Konsep Eduiaimenl dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Yogyakarta, 2008.

jamal Hasan Warandi, Analisis Kinerja Widyaiswara di Balai Diklat Keagamaan Ambon. Tesis. Semarang, PPs Universitas Diponegoro, 2011.

Kahar, Abdul, "Widyaiswara Panacea Menyongsong Tahun Widyaiswara 2006" Suara Diklat, Edisi I Vo 2005.

KMA No. 345 tahun 2004 Bab HI Pasal 14 ayat 1 dan 2.

Kunandar, Guru Profesional Implemeniasi Kurtkulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertiflkasi Guru. Ed. 1 Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008.

Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Dtdik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekalan Praktis Disertai dengan Contoh,. Ed. Revisi, cet. Ke-3; Jakarta: PT. Rajagrafindo Posada, 2014.

La Djuma, "Pelestarian Pela Gandong Di Kota Ambon" Tesis (Makassar: PPs UNM, 2012.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Widyaiswara. Cet kedua; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Mel, SWbamm, Acttve Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Boston: Allyn and Bacon, 1996.

Mudzhar, H.M. Atho, "Kebijakan Strategis Pendidikan dan Pelatihan di Departemen Agama RI," Suara Diklat, Edisi I, Vol. 1, Deseraber 2005.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problemalika Belajar dan Mengqjar. Cet. IV; Bandung: CV AlFabeta, 2006.

Sahusilawane F, Sejarah Lahimya Pela dan Gandong Antar Negeri-Negert Di Pulau Ambon (Ambon, Balai Kajian Jarahnita, 2004.

Sanjaya, Wina, Pembelajaran Dalam Implemenlasi Kurlkulum Berbasls Kompelenst. Cet. 2; Jakarta: Kencana, 2006.

Setiawan, Ibnu, Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar -Mengq/ar Mengasylkkan dan Bermakna, diterjemahkan dari karya Elane B. Johnson, Contextual Teaching and Learning: what it is and why it is here to stay, Cet. 3; Bandung: Mizan Learning Center (MLC), 2007.

Sihab, M. Qurais, Tafsir Al-Misbdh Pesan, KesandanKeserasianAl-Qur'an.Vol. 3, h. 91.

Subair, dkk, Segredasi Pemukiman Beniasar Agama: Solusl atau Ancaman. Cet. I; Yogyakarta: Graha Guru, 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Pslkologi Proses Pendidikan, Cet. 3; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Syafaruddin, dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Quantum Teaching: 2005.

Syah, Muhibbin Pslkologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003.

Usman, Basyirudin, Melodologi Pembelajaran Agama Islam. Cet HI.; Jakarta: PT.aputat Press, 1424/2005.

Widyaiswara BDK Ambon, Hubungan Diklat dengan Tupoksi dan Kompetensi Pegawai Kementerian Agama di Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Ambon. Makaiah hasil penelitian yang dimuat dalam Majalah Tifa, Ed. II No. 1 Januari-Maret tahun 2013.

Zayadi, Ahmad dan Abdul Majid, Tadzkirah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual, Ed. 1, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2005.

Published
2014-12-18
How to Cite
Asani, A. (2014). IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN AMBON : Tinjauan Pendidikan Islam. Jurnal Diskursus Islam, 2(3), 409-439. https://doi.org/10.24252/jdi.v2i3.6538
Section
Artikel
Abstract viewed = 241 times